Mother&Baby Indonesia
Tetap Hidup Sehat dengan Diabetes

Tetap Hidup Sehat dengan Diabetes

 

Moms, mendengar kata diabetes bukan hal yang menyenangkan, karena ini adalah penyakit yang membutuhkan perawatan seumur hidup dan perubahan gaya hidup penderitanya. Namun, menderita diabetes bukan berarti Anda tidak bisa lagi hidup sehat.

 



Baca: 3 Cara Ampuh Kontrol Gula Darah

 

“Tema Hari Diabetes Sedunia 2016, Eyes On Diabetes: Hidup Sehat dengan Diabetes bertujuan untuk mengingatkan pentingnya melakukan skrining rutin, mengelola gula darah secara efektif, makan makanan yang sehat, jaga berat badan, serta patuh kepada pengobatan untuk mengurangi risiko komplikasi berat, seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, dan amputasi,” jelas dr. Irene Gabriela, Medical Affatrs Manager MSD di Indonesia, saat talkshow Eyes On Diabetes: Hidup Sehat dengan Diabetes di Jakarta pada Kamis (17/11).

 

Di Indonesia sendiri ada sekitar 10 juta orang yang terdiagnosa diabetes, sekitar 90–95 persen di antaranya adalah diabetes tipe 2. Menurut Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp. PD-KEMD, FACE, jumlah pasien diabetes lebih dari angka tersebut. “Ada 50 persen, bahkan mungkin lebih, orang dengan diabetes yang belum terdiagnosa,” jelas dr. Sidartawan.

 



Baca: Diabetes yang Hanya Muncul pada Ibu Hamil

 

“Untuk itu, biasakan untuk melakukan skrining gula darah. Terutama jika ada risiko diabetes, seperti keturunan dan obesitas,” ujar Prof. Sidartawan.

 

Selain itu, dr. Irene juga menganjurkan untuk menjaga asupan gula, terutama dari makanan yang dibeli dari luar. “Dulu keluarga biasa memasak sehingga asupan gula bisa kontrol. Dengan gaya hidup modern, lebih banyak orang yang membeli makanan di luar. Hal tersebut harus diwaspadai,” jelas dr. Irene.

 

Agar tetap dapat hidup sehat, dr. Irene juga mengingatkan para penderita diabetes untuk terus mengikuti instruksi dokter, patuh kepada pengobatan, dan konseling rutin. (Nadia/TW/Dok. Pixabay.com)



Tags: diabetes,   info,   gula_darah,   penyakit,   kesehatan,   sehat,   obesitas,   diabetes_melitus,  








Cover Januari - Februari 2020