Mother&Baby Indonesia
Tips Memasak Makanan Sehat a la Chef Muto

Tips Memasak Makanan Sehat a la Chef Muto

Moms, masih ingat dengan Chef Muto yang membawakan acara Kungfu Chef di salah satu stasiun televisi swasta? Chef ini senang sekali melakukan atraksi a la kungfu saat memasak. Meski cara memasaknya terbilang ekstrim, namun ternyata Chef Muto sangat peduli dengan anak-anak, lho. Ia ingin sekali anak-anak Indonesia selalu sehat dan aktif. Oleh karena itu, ia menyarankan agar anak-anak rajin mengonsumsi makanan bergizi, seperti ikan, sayur, dan buah-buahan.

 

Tak hanya itu, ia juga memberi pesan kepada para ibu agar memasak makanan yang sehat kepada anak-anak. Saat ditemui di sela-sela penyuluhan dari BPOM dan Danone Indonesia di sebuah sekolah dasar di Jakarta beberapa waktu lalu, Chef Muto memberikan tips memasak makanan sehat, antara lain:




1. Agar konsumsi garam tidak berlebihan maka saat memasak garam bisa diganti dengan kecap asin. Rasanya pun akan tetap enak.

 

2. Apabila ingin membuat sesuatu dengan rasa manis untuk anak-anak, ada baiknya gula diganti dengan rasa manis alami dari buah-buahan saja.

 

3. Untuk menyedapkan rasa masakan, maka berikan garam dan gula. Hindari menggunakan penyedap buatan yang berbahan kimia.

 

4. Ikan adalah makanan yang baik untuk anak-anak karena mengandung banyak nutrisi untuk otak. Apabila harga salmon tidak terjangkau, Anda bisa menggantinya dengan teri. Menurut Chef Muto, kandungan gizi salmon dan teri hampir sama, lho.

 



5. Mengolah santan dengan tepat saat memasak ternyata tidak meningkatkan kolesterol.

 

6. Kandungan gizi ubi jalar ternyata hampir sama dengan brokoli, lho.

 

7. Buah sukun bisa menjadi sumber karbohidrat.

 

8. Saat memasak hindari overcooking terutama sayur-sayuran. Cukup dimasak dengan waktu 3 sampai 4 menit.

 

9. Untuk makanan yang digoreng, lebih baik menggunakan minyak kanola. Selamat mencoba, Moms! (Meiskhe/TW/dok. FreeDigitalPhotos)



Tags: chef,   koki,   masak,   makanan,   enak,   sehat,   kungfu_chef,   chef_muto










Cover Mei-Juni-Juli 2020