Mother&Baby Indonesia
Mengenal Lebih Jauh Kanker Nasofaring

Mengenal Lebih Jauh Kanker Nasofaring

Kanker Karsinoma Nasofaring (KNF) atau kanker nasofaring sepertinya masih asing di telinga kita semua. Namun ternyata kanker ini menduduki peringkat keempat sebagai kanker terbanyak di Indonesia setelah kanker leher rahim, kanker payudara, dan kanker paru. Sebenarnya, apa sih kanker nasofaring?

 

Kanker nasofaring adalah kanker yang muncul pada area nasofaring, organ yang terletak di atas tenggorokan dan belakang hidung. Salah satu penyebab kanker ini adalah virus Epstein-Barr, yaitu virus yang hidup di daerah mulut dan nasofaring, yang mampu meningkatkan antibodi, genom virus pada sel tumor, bahan kimia termasuk asap rokok, atau asap serta bekerja di tempat-tempat yang menghasilkan serbuk-serbuk kimia seperti peleburan besi.






Menurut Dr. dr. Cita Herawati, SpTHT-KL, Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Bedah Kepala Leher dari RS Kanker Dharmais, gejala yang biasa dialami penderita KNF, yaitu mimisan ringan sampai berat, pilek yang tak kunjung reda, telinga seperti tersumbat dan berdengung, penglihatan ganda, pandangan kabur, dan ada benjolan di leher. (Seva/TW/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: penyakit,   kanker,   nasofaring








Cover Januari - Februari 2020