Mother&Baby Indonesia
Senyum Sehat Si Kecil

Senyum Sehat Si Kecil

Melihat Si Kecil tersenyum riang tentu turut memberikan kebahagiaan bagi para orang tua. Namun, bagaimana jika karies atau gigi berlubang merusak senyum Si Kecil? Wah, Moms pasti khawatir ya. Masalah karies gigi atau gigi berlubang memang sangat sering terjadi pada anak. Penyebabnya juga cukup beragam, salah satunya adalah kebiasaan menyikat gigi yang salah.

 

Menurut Survei Kesehatan Gigi Nasional 2015-2016 yang diselenggarakan oleh PT Unilever, PDGI, dan IPKESGIMI, hanya ada sekitar 25,6 persen anak usia 6 tahun yang bebas karies gigi. Artinya, ada 74,4 persen anak usia 6 tahun yang menderita karies gigi. Padahal, WHO dan FDI menargetkan 50 persen anak usia 5-6 tahun harus bebas karies gigi di tahun 2000.



 

“Rendahnya angka bebas karies disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi yang salah dan kebiasaan tidak mengunjungi dokter gigi secara teratur,” ujar Drg. Melissa Adiatman, PhD, peneliti Ikatan Profesi Kedokteran Gigi Masyarakat Indonesia (IPKESGIMI). Hal itu terbukti dari 15,2 persen anak usia 6 tahun menyikat gigi kurang dari 2 kali sehari, dan sebanyak 25,51 persen tidak pernah mengunjungi dokter gigi dalam 12 bulan terakhir. “Padahal, sebaiknya anak-anak itu ke dokter gigi 4 bulan sekali, dan orang dewasa 6 bulan sekali,” ujar Drg. Ratu Mirah Afifah GCClindent., MDSC, Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia, Tbk.

 

Sayangnya, sebagian besar anak 6 tahun yang ke dokter gigi dalam 12 bulan terakhir itu, mengunjungi dokter gigi dalam keadaan sudah sakit atau mengalami masalah pada gigi, gusi, atau mulut. Angkanya cukup besar, yaitu 75,9 persen pada anak usia 6 tahun, dan 65,9 persen pada anak usia 12 tahun.



 

Lalu bagaimana ya cara yang tepat untuk mencegah masalah gigi pada Si Kecil? Nah, Moms memiliki peran yang sangat penting di sini. Moms perlu mendampingi anak ketika menyikat gigi dan memerhatikan waktu, frekuensi, juga cara menyikat gigi yang tepat. Berdasarkan penelitian, anak yang didampingi orang tua saat menyikat gigi memiliki perbedaan signifikan dalam indeks kebersihan mulut, radang gusi, dan gigi berlubang dibandingkan anak yang tidak didampingi oleh orang tuanya lho, Moms!

 

Jadi, pastikan Si Kecil menyikat giginya 2 kali sehari, yaitu di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur, selama minimal 2 menit. Dengan begitu, Moms dapat mengurangi risiko Si Kecil mengalami gigi berlubang hingga 50 persen! Yuk, jaga senyum sehat Si Kecil dengan memelihara kesehatan gigi dan mulutnya. (Tiffany/Dok. Freedigitalphotos.net)

 



Tags: kesehatan,   anak,   balita,   gigi,   mulut,   senyum,   ceria,   survei,   data,   info,  








Cover Maret 2020