Mother&Baby Indonesia
Gadget Meningkatkan Risiko Anak Obesitas

Gadget Meningkatkan Risiko Anak Obesitas


Gadget sekarang ini memang sudah menjadi salah satu barang yang harus dibawa ketika bepergian. Namun sayangnya, Si Kecil juga tidak bisa lepas dari gadgetnya. Di Inggris, rata-rata anak menggunakan smartphone, tablet, atau menonton TV dalam sehari dapat mencapai 5 jam atau lebih. Padahal kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan mereka.

 

American Society of Pediatrics mengemukakan bahwa penggunaan gadget pada Si Kecil dapat meningkatkan risiko Si Kecil obesitas, gangguan tidur, dan masalah tumbuh kembang lainnya. Bahkan, Badan Kesehatan di AS sekarang merekomendasikan bahwa anak-anak di bawah dua seharusnya tidak memiliki akses ke layar gadget apapun.



 

Tidak hanya masalah tumbuh kembang saja, gadget juga dapat membuat Si Kecil mengurangi waktu bermain di luar bersama teman-teman yang lainnya. “Kita tahu bahwa penelitian membuktikan bermain di luar dapat mengembangkan inisiatif, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan banyak sikap positif lainnya seperti, belajar ketekunan dan ketahanan emosional. Ini juga penting untuk keterampilan sosialnya,” ujar Sue Palmer, penulis buku Toxic Childhood: How Modern Life Is Damaging Our Children, yang dilansir melalui Dailymail.com.



 

“Dengan bermain bersama teman-temannya, anak jadi belajar bergaul dengan orang lain. Mereka akan menemukan bagaimana pikiran orang lain bekerja dan mengembangkan rasa empati,” tambahnya lagi. (Seva/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)
 



Tags: gadget,   bayi,   balita,   anak_suka_gadget,   teknologi








Cover Januari - Februari 2020