Mother&Baby Indonesia
Penyebab Gatal di Area Genital Anak

Penyebab Gatal di Area Genital Anak

Mom, apakah Si Kecil pernah mengeluh gatal di bagian organ genitalnya sehingga membuatnya rewel sepanjang hari? Kira-kira apa ya penyebabnya? Menurut dr. Rouli Nababan dari KiddieCare Centre Sunter, Jakarta Utara, gatal-gatal di area genital banyak penyebabnya. Yang paling sering adalah infeksi jamur, infeksi bakteri, alergi dengan produk yang menempel ke kulit, atau iritasi karena celana yang terlalu ketat.

 

Apabila rasa gatal hilang dan timbul kembali, kemungkinan penyebabnya adalah jamur. Lokasi genital yang tertutup membuat daerah genital menjadi lembap. Pengobatan sebaiknya diberikan oleh dokter, jadi bawalah anak Anda ke dokter anak atau dokter kulit.



 

Agar tidak berulang maka harus dilakukan pencegahan seperti menghentikan pemakaian popok sekali pakai bila masih pakai, gunakan celana dalam yang menyerap keringat dan longgar, dan ganti celana dalam setiap 4-5 jam karena anak cenderung aktif atau sering berkeringat.



 

Ajari pula anak untuk membersihkan alat genital setelah buang air kecil, segera lakukan sirkumsisi atau sunat bila infeksi sudah berulang, dan apabila ditemukan infeksi saluran kemih dan kelamin yang membengkak. (Meiskhe/TW/dok. M&B UK)



Tags: bayi,   balita,   perawatan_organ_genital,   jamur,   bakteri,   bersih,   gatal,   diaper