Mother&Baby Indonesia
Tips Agar Anak Tak Merajuk Saat Ditinggal Bekerja

Tips Agar Anak Tak Merajuk Saat Ditinggal Bekerja

Sulit sekali rasanya meninggalkan rumah untuk bekerja bila Si Kecil merajuk meminta Anda untuk di rumah saja. Berikut ada 5 tips agar Si Kecil mengerti bahwa Anda perlu bekerja:

 

1. Ceritakan Alasan Anda bekerja
Jelaskan kepada Si Kecil alasan apa yang membuat Anda meninggalkan Si Kecil untuk bekerja. Jika Anda bekerja karena mencintai pekerjaan, jelaskan hal-hal yang menyenangkan selama Anda bekerja. Bila karena faktor finansial, jelaskan bila Anda bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti, membeli susu dan mainan Si Kecil.



 

2. Pahami Perasaan Si Kecil
Bila Si Kecil merasa kecewa saat Anda pergi bekerja, berikan pengertian bahwa Anda akan bermain dengannya saat Anda pulang nanti. Mulai diskusikan dengannya bahwa Anda berdua dapat melakukan kegiatan bersama Si Kecil di akhir minggu saat libur.

 

3. Ceritakan Profesi Anda
Ceritakan detail pekerjaan Anda. Misal, Anda mengelola restoran, ceritakan bagaimana serunya Anda menyiapkan makanan dan minuman saat jam makan siang. Bila memungkinkan, ajaklah Si Kecil ke tempat kerja agar ia dapat berkenalan dengan rekan-rekan kerja Anda.



 

4. Ciptakan Cara Berpisah yang Unik
Pamitlah pada Si Kecil dengan cara yang spesial untuknya seperti “See you later, My Sweety,” sambil berpelukan. “Cara berpamitan yang rutin dilakukan setiap kali Anda akan bekerja akan membantunya merasa lebih nyaman,” saran Betsy Brown Braun, penulis buku Just Tell Me What to Say: Sensible Tips and Scripts for Perplexed Parents.

 

5. Libatkan Pasangan
Libatkan pasangan untuk menjelaskan beberapa pertanyaan-pertanyaan Si Kecil. Karena keputusan Anda untuk bekerja merupakan keputusan bersama suami. Seperti yang dirasakan oleh hampir semua orangtua, berbicara dengan anak-anak tentang pekerjaan membutuhkan waktu, tenaga dan kesabaran. (Seva/TW/Dok.M&B)
 



Tags: bekerja,   anak,   sibuk








Cover Januari - Februari 2020