Mother&Baby Indonesia
3 Macam Olahraga untuk Melatih Otot-otot Bayi

3 Macam Olahraga untuk Melatih Otot-otot Bayi

Si Kecil tumbuh sehat dan kuat, tentu selalu menjadi harapan Anda dan orang tua lainnya. Untuk itu, Anda memberikan segala nutrisi yang tepat untuk menunjang tumbuh kembangnya. Hal itu sudah tepat, namun sebaiknya jangan hanya memberinya asupan yang bergizi saja ya, Moms. Anda juga harus melatih otot Si Kecil, berikut caranya


1. Tummy Time
Bayi terlalu sering berada pada posisi terlentang, maka ajaklah ia bermain dengan posisi tengkurap. Menurut Robert Pantell, M.D., penulis buku Taking Care of Your Child, posisi tengkurap dapat membantu membangun otot-otot di lehernya, lengan, bahu, punggung, dan perut. American Academy of Pediatrics juga meminta Anda untuk memposisikan bayi tengkurap setelah ia pulang dari rumah sakit.

 



Perlu diingat, Anda harus tetap berada disampingnya untuk mengawasi dan mengajaknya bermain. Biarkan ia menendang atau berusaha mengambil mainan yang berada di hadapannya, itu adalah permulaan agar otot leher, lengan, bahu, punggung, dan perutnya bekerja optimal. Durasi kegiatan ini dapat berlangsung mulai dari 3-5 menit hingga 20 menit, dilihat dari reaksi Si Kecil saat menikmati tummy time.

 



2. Sit Up
Posisikan bayi Anda dalam posisi tidur telentang dan Anda berada di hadapannya, secara perlahan tarik lengannya hingga posisi duduk. Refleks Si Kecil pasti akan mengangkat kepalanya mengikuti tubuhnya. Bila kepalanya belum cukup kuat, Anda dapat angkat bagian punggungnya, sekaligus memegang lehernya, dan tarik ke arah depan (tarik ke arah Anda). Menurut Steve Sanders, Ed.D, penulis buku Encouraging Physical Activity in Infants bahwa kegiatan ini dapat melatih otot bahu, lengan, leher, dan punggung. Gerakan ini hanya untuk bayi usia 4-6 bulan ya, Moms.

 

3. Bersepeda
Letakkan bayi di hadapan Anda dengan posisi terlentang, lalu buat gerakan kakinya seperti gerakan bersepeda. Latihan ini dapat memperkuat otot bagian kaki, paha, pinggul, dan lutut. Jangan lupa untuk mengajaknya bernyanyi, dan selalu lakukan kontak mata dengan Si Kecil. Ulangi gerakan 3-5 kali, istirahat, dan kemudian ulangi. Selamat mencoba! (Seva/TW/Dok. M&B)
 



Tags: sehat,   kesehatan,   bayi,   olahraga








Cover Januari - Februari 2020