Mother&Baby Indonesia
Tips Mengasuh Bayi Berdasarkan Temperamennya

Tips Mengasuh Bayi Berdasarkan Temperamennya

Moms, beda bayi, beda juga temperamennya. Menurut buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun yang ditulis oleh Tiga Generasi, temperamen bayi dikelompokkan menjadi easy, slow-to-warm, dan difficult. Nah, beda jenis temperamennya, beda pula cara mengasuhnya. Untuk itu, Tiga Generasi memberikan tips mengasuh bayi berdasarkan temperamennya:

 

 



1. Easy Child

Beruntunglah jika Anda memiliki bayi dengan kategori temperamen 'easy child' karena mereka mudah diasuh. Bayi ini juga mudah akrab dengan siapa saja, oleh karena itu, sebaiknya Anda mengenalkan mereka dengan konsep orang asing. Ajarkan mereka untuk bisa menjaga jarak dengan orang yang tidak dikenal, jadi jangan sampai kejadian tidak diinginkan seperti percobaan penculikan bayi ini terjadi.

 

2. Slow-to-Warm-up



Bayi ini agak sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, dan mereka perlu waktu lebih lama untuk nyaman dengan orang baru. Untuk itu, sebaiknya Anda dapat mengenalkan anak dengan lingkungan baru secara perlahan, namun berkali-kali. Hal ini berlaku juga untuk mengenalkan orang baru dan makanan baru lho, Moms!

 

3. Difficult

Dibanding 2 kategori sebelumnya, anak dalam kategori ini memang membutuhkan waktu paling lama untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Ia juga cenderung bersikap negatif ketika frustrasi. Untuk itu, hindari memaksa anak untuk bisa beradaptasi dengan cepat, baik dengan lingkungan, orang, makanan, atau situasi baru. Apa yang terjadi jika Anda memaksa anak untuk cepat beradaptasi? Bisa-bisa ia jadi menolak sebelum mampu beradaptasi. (Tiffany/Dok. M&B UK)



Tags: sikap,   behaviour,   anak,   bayi,   balita,  








Cover Januari - Februari 2020