Mother&Baby Indonesia
Mengenal Temperamen Bayi

Mengenal Temperamen Bayi

Moms, sejak bayi baru lahir, ia sudah memiliki temperamen yang berbeda-beda. Menurut buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun karya Tiga Generasi, secara umum ada 3 temperamen pada bayi, yaitu:

 

 



1. Easy

Bayi dengan kategori temperamen 'easy' atau mudah ini memiliki pola makan, tidur, dan buang air yang teratur. Ia juga cepat beradaptasi dengan lingkungan baru (bahkan dengan makanan dan orang baru!). Lalu jika ia sedang frustrasi, ia juga bisa ditenangkan dengan mudah. Wah, Anda beruntung jika memiliki bayi dengan temperamen seperti ini.

 

2. Slow-to-Warm

Sedikit berbeda dari kategori sebelumnya, bayi dalam kategori 'slow-to-warm' ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk memiliki pola makan, tidur, dan buang air yang teratur. Ia juga butuh waktu yang lebih lama untuk beradaptasi dengan lingkungan, makanan, dan orang baru. Anda juga butuh usaha ekstra untuk menenangkan ia frustrasi.



 

3. Difficult

Orang tua dari bayi dalam kategori 'difficult' atau sulit harus lebih sabar dan kreatif dalam mencari solusi. Bagaimana tidak, bayi di kategori ini cukup sulit untuk bisa teratur makan, tidur, dan buang air. Ia juga butuh waktu yang tidak sebentar untuk beradaptasi dengan lingkungan, dan sulit ditenangkan jika sedang tantrum.

 

Nah, beda jenis temperamen, beda juga jenis pengasuhannya. Mau tahu caranya? Baca artikel Tips Mengasuh Bayi Berdasarkan Temperamennya ya, Moms. (Tiffany/Dok. M&B UK)



Tags: temperamen,   sikap,   behaviour,   bayi,   tumbuh_kembang,   anak,   balita,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020