Mother&Baby Indonesia
Bisakah Mengubah Pola Tidur Bayi?

Bisakah Mengubah Pola Tidur Bayi?

 

Apabila pola tidur Si Kecil membuat Anda frustrasi, jangan putus asa. Ia tidak akan bertahan dengan pola tidur seperti itu selamanya. Seiring dengan pertambahan usia, pola tidurnya akan berubah seperti orang dewasa. Namun, sementara menunggu, Anda bisa melakukan upaya lain untuk memperbaiki kebiasaan tidur Si Kecil.

 



Suzy Martyn, penulis buku Sleep Tight: Help Your Child Attain a Good Night's Sleep in Three Days, mengatakan bahwa suasana lingkungan sangat memengaruhi perubahan pola tidur. “Tentu anak-anak akan selalu memiliki gaya tidur, tetapi Anda bisa mengubahnya dengan sedikit usaha,”  kata Suzy. Bagaimana ya caranya? Ikuti 3 tips berikut ini yuk, Moms.

 

1. Suasana Tenang

Beberapa bayi mudah terbangun jika mendengar sedikit saja suara. Nah, jika Anda memiliki bayi yang hanya bisa tidur dalam keheningan, Anda bisa lho perlahan membiasakannya tidur dengan suara-suara di sekitarnya. Caranya, ketika ia tertidur, perdengarkan suara sedikit demi sedikit sehingga ia akan terbiasa. Ia akan belajar bagaimana mengabaikan suara-suara tersebut sehingga ia bisa tidur lebih nyenyak.

 



2. Mengenalkan Siang dan Malam

Jika Si Kecil lebih banyak tidur di siang hari dibanding malam hari, bantu ia untuk mengenal perbedaan siang dan malam. Di siang hari, bawa ia ke ruangan yang terkena sinar matahari agar ia tahu bahwa siang itu terang benderang. Sementara, di malam hari Anda dapat menyalakan lampu tidur yang cahayanya remang-remang beberapa saat sebelum waktu tidur yang Anda tentukan. Untuk Anda ketahui, kegelapan akan membantu tubuh memproduksi hormon melatonin, hormon yang memerintahkan tubuh untuk mengantuk.

 

3. Butuh Perjuangan

Yang paling penting, jangan menyalahkan diri Anda karena kebiasaan buruk Si Kecil untuk tidur. Anda bisa membantunya memiliki kebiasaan tidur yang sesuai dengan keinginan Anda. Dengan waktu, kegigihan, dan kesabaran, kebiasaan tidur Si Kecil pasti akan berubah menjadi lebih baik. Selamat mencoba! (MN/Meiskhe/TW/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   pola_tidur,   perkembangan










Cover Mei-Juni-Juli 2020