Mother&Baby Indonesia
Pertolongan Pertama untuk Si Bayi

Pertolongan Pertama untuk Si Bayi

 

“Keingintahuan bayi sangat besar, ia akan berguling, memanjat dan memakan apa saja, untuk memenuhi rasa penasarannya. Karenanya, ia rentan mengalami kecelakaan jika Anda tidak mengawasinya dengan baik,” ujar Dr. Mark Melrose. Berikut 2 kejadian darurat yang biasanya menimpa Si Bayi dan panduan untuk mengatasinya:

 



1. Digigit hewan
Bayi kadang penasaran dengan hewan seperting anjing atau kucing yang Anda pelihara. Bisa saja bayi membangunkan anjing yang sedang tertidur pulas dan anjing pun menggigitnya. Jika terjadi pada anak Anda, cucilah luka dengan sabun dan bilas dengan air yang mengalir, lalu telepon dokter anak untuk mengonsultasikan kondisinya.

 



“Jika lukanya cukup dalam atau terjadi di tangan dan kaki sehingga sulit untuk dibersihkan dengan baik, ia mungkin membutuhkan antibiotik. Gigitan hewan berisiko tinggi menyebabkan infeksi karena mulutnya mengandung banyak bakteri. Jika memungkinkan, sebaiknya bawa hewan peliharaan ke dokter hewan, untuk mengecek apakah ia membutuhkan vaksin.” ujar Ron San Juan, M.D., direktur unit gawat darurat anak di Mercy Medical Censter, Baltimore.


2. Berguling di changing table
Dalam hitungan detik bila Anda lengah mengawasi Si Bayi saat berada di changing table atau meja ganti popok, maka bayi dapat terjatuh. Jika ini terjadi, segera gendong Si Bayi, tenangkan dan cek apakah tubuhnya terluka. “Namun meski semua tampak baik-baik saja, bayi yang jatuh dari tempat cukup tinggi sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih intensif,” ujar Dr. Ron. Ingin tahu lebih banyak tentang pertolongan pertama untuk Si Bayi? (DC/Seva/TWDok. Freedigitalphotos.net)



Tags: cedera,   kecelakaan,   pertolongan_pertama