Mother&Baby Indonesia
Bayi Baru Lahir Disarankan Tidur dengan Ibunya

Bayi Baru Lahir Disarankan Tidur dengan Ibunya

Ternyata tidur satu kamar bersama bayi memiliki dampak positif lho, Moms. Bagaimana tidak, ada 3.500 bayi meninggal setiap tahun di Amerika Serikat dengan kasus kematian terkait tidur. Faktornya termasuk sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), sesak napas tiba-tiba, dan tercekik. Untuk itu, American Academy of Pediatrics menghimbau kepada orang tua untuk memintanya tidur bersama bayinya, idealnya hingga usianya 6 bulan atau 1 tahun.

 

Dikutip melalui Fitpregnancy.com, para ahli dari AAP mengatakan bahwa sekamar dengan orang tua adalah lingkungan tidur paling aman bagi bayi. Namun, bayi tidak dianjurkan tidur satu tempat tidur dengan orang tua untuk menghindarkan faktor risiko lain.



 

“Untuk mendukung tidur satu kamar dengan orang tua agar tetap aman dan menjaga keselamatan bayi, untuk itu diperlukan boks portabel alternatif yang dapat dipasang di samping tempat tidur orang tua,” ujar Jodi Mindell, PhD, ketua Pediatric Sleep Council.

 



Penelitian telah menunjukkan bahwa perlakuan ini bisa mengurangi angka kematian bayi hingga 50 persen. Profesor dokter anak dari University of Virginia School of Medicine, Rachel Moon mengatakan bahwa kematian bayi mendadak adalah hal menakutkan  untuk itu, perlu dilakukan penyelamatan nyawa bayi.

 

"Kita dapat menjaga bayi selalu aman tanpa menghabiskan banyak uang, tapi hanya melalui tindakan pencegahan sederhana seperti memantau lingkungan tidurnya," ujar Rachel Moon. (Seva/TW/Dok. M&B)



Tags: bayi,   newborn,   tidur,   info,   tips,  








Cover Januari - Februari 2020