Mother&Baby Indonesia
Bayi Berlidah Besar Ini Akhirnya Bisa Tersenyum

Bayi Berlidah Besar Ini Akhirnya Bisa Tersenyum





 

Seorang bayi lahir dengan kelainan genetis yang membuat lidahnya berukuran seperti orang dewasa. Kelainan pada bayi bernama Paisley Morrison-Johnson itu membuatnya sulit bernafas. Selain itu, dia juga harus makan lewat selang yang langsung menyambung ke lambungnya, karena ukuran lidahnya yang terlalu besar.

 



Di usia 16 bulan, setelah mengalami 2 operasi pemotongan lidah, akhirnya Paisley memiliki lidah yang normal dan bisa tersenyum.

 

Menurut penjelasan dokter, Paisley, yang berasal dari Dakota, Amerika Serikat, mengalami Beckwith Wiedemann Syndrome (BWS), sebuah kondisi genetis yang membuat beberapa bagian tubuhnya tumbuh sangat cepat.

 

“Karena terlalu besar, lidahnya selalu menjulur keluar dan terlihat seperti membuat raut muka konyol. Saat kami pergi, orang-orang akan melihat dan kadang berkomentar. Mereka bertanya kenapa lidah Paisley sangat besar,” ujar Madison Kienow, ibu Paisley, seperti dikutip dari Daily Mail.



 

Lidah Paisley dipotong lewat operasi pada usia 6 bulan. Namun, lidahnya kembali tumbuh dan harus dipotong lagi 4 bulan kemudian.

 

“Sekarang ia seperti bayi yang lain. Raut wajahnya berbeda, ia banyak tersenyum, dan hampir mengatakan kata pertamanya. Sebelumnya Paisley tidak bisa berkata-kata karena lidahnya memenuhi seluruh mulutnya. Ini merupakan pencapaian luar biasa bagi kami,” jelas Madison.

 

Menurut dokter, Paisley belum membutuhkan operasi lebih lanjut, namun ia masih harus dipantau untuk melihat efek-efek lain dari sindrom ini. Anak-anak dengan BWS berisiko 7 sampai 25 persen terkena kanker atau tumor, jadi Paisley harus menjalani tes darah dan ultrasound setiap 3 bulan sampai berusia 8 tahun. (Nadia/TW/Dok. Daily Mail)



Tags: bayi,   kelainan,   lidah,   info








Cover Januari - Februari 2020