Mother&Baby Indonesia
Bayi Zika Susah Menelan, Mendengar, dan Melihat!

Bayi Zika Susah Menelan, Mendengar, dan Melihat!

Dua minggu setelah ulang tahun pertamanya, Jose Wesley Campos, masih berjuang untuk dapat menelan makanannya. Bayi asal Brazil yang terjangkit virus Zika ini akhirnya harus menggunakan feeding tube untuk dapat mengonsumsi makanan.

 

Virus Zika sudah diketahui dapat menyebabkan bayi terlahir dengan kondisi mikrosefali, jika terjangkit pada ibu hamil. "Saya sangat sedih melihatnya seperti ini," ujar, Solange Ferreira, sambil menangis. Setahun setelah bayi yang terjangkit Zika lahir, para peneliti mulai mengamati beberapa komplikasi dan kelainan yang muncul, seperti kesulitan menelan, gangguan pendengaran dan pengelihatan, dan serangan epilepsi.



 

Walaupun masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, para ahli melihat lebih banyak gangguan pada pasien mikrosefali karena zika, dibanding pasien mikrosefali pada umumnya. "Kami mulai melihat pasien Zika kesulitan makan, sehingga banyak pasien yang menggunakan feeding tube," jelas Dr. Vanessa Van der Linden, dokter anak di Recife, Brazil.



 

Hingga kini, sudah ada lebih dari 2.000 bayi di Brazil yang lahir dengan kondisi cacat karena serangan virus Zika yang terjadi 2 tahun lalu. Semoga saja Indonesia selalu aman dari penyakit ini ya, Moms. (Nadia/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: virus,   zika,   janin,   bayi,   hamil,   mikrosefali










Cover April 2020