Mother&Baby Indonesia
5 Tips Membiasakan Anak Tidur Sendiri

5 Tips Membiasakan Anak Tidur Sendiri

 

 

Mendesain kamar bayi adalah hal yang menyenangkan bagi para calon ibu. Mulai dari memilih tempat tidur bayi, meja ganti popok, dan pernak pernik lainnya. Pada kenyataanya, kamar bayi mungkin hanya menjadi kamar kosong, karena ia lebih memilih untuk tidur bersama Anda.



 

Sebenarnya wajar jika Si Kecil masih tidur bersama Anda, terutama jika ia masih menyusui. “Tetapi setelah 6 bulan, kebiasaan tidur Si Kecil akan menjadi rutinitas dan sulit mengubahnya,” ungkap Jodi Mindell, Ph.D., associate director di Sleep Center Rumah Sakit Philadelphia. Jika usia Si Kecil sudah lebih dari 6 bulan, Anda masih bisa mengajarinya untuk tidur terpisah, tetapi akan dibutuhkan waktu yang lebih lama. Nah, untuk mengatasinya, ikuti beberapa tips untuk mempermudah transisi Si Kecil tidur di tempat tidurnya sendiri.

 

1. Beri Kehangatan

Si Kecil sudah terbiasa dengan kehangatan tubuh Anda saat digendong. Memindahkannya ke tempat tidur bayi yang dingin akan membuatnya kaget dan tidak senang. Untuk membuatnya tetap hangat, Anda dapat membedong Si Kecil atau menggunakan sleep sack. Jika ia masih menangis, Anda dapat menemaninya di sebelah tempat tidur, kemudian mengelus perutnya. “Tidak apa-apa jika Anda mengelus tubuh Si Kecil. Tapi jangan menggendongnya, karena itu akan membuatnya bingung di mana seharusnya ia tidur,” ujar Polly Moore, Ph. D., direktur di Parexel Sleep Research dan penulis buku The 90-Minute Baby Sleep Program.

 

2. Hindari Bergerak

Jika Anda terbiasa mengayun Si Kecil atau manaruhnya di bouncer, maka ia akan terbiasa dengan hal itu. Oleh karena itu Anda perlu menghilangkan gerakan tersebut. Misalnya dengan menaruh Si Kecil di stroller atau car seat dalam keadaan tidak bergerak. Ia akan menangis di awal, tapi terbiasa setelah beberapa hari.



 

3. Biasakan Si Kecil dengan Tempat Tidurnya

Bermainlah dengan Si Kecil di kamar atau di tempat tidurnya, supaya ia terbiasa. Sebelumnya, Si Kecil merasa tempat tidurnya adalah kamar tamu, sedangkan tempat tidur Anda adalah rumahnya. Tentu tidak nyaman jika tidur di rumah orang, bukan? Dengan sering beraktivitas di tempat tidur, Si Kecil akan mulai merasa bahwa itu adalah rumahnya juga.

 

4. Mulai Perlahan

Agar Si Kecil tidak kaget dengan perubahan yang drastis. Cobalah untuk menidurkannya di tempat tidur bayi saat tidur siang yang waktunya lebih panjang. Setelah beberapa minggu, Anda dapat menidurkannya di tempat tidur bayi saat malam hari.

 

5. Tinggalkan 'Bau' Anda

Anda dapat menaruh pakaian atau barang lain yang memiliki bau khas Anda untuk membantu Si Kecil merasa lebih nyaman. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)
 



Tags: bayi,   tidur,   tempat_tidur,  








Cover Januari - Februari 2020