Mother&Baby Indonesia
Lama Waktu Tidur Anak (Sesuai Usia)

Lama Waktu Tidur Anak (Sesuai Usia)

Selain nutrisi yang seimbang, Si Kecil juga butuh waktu tidur yang cukup. Lamanya waktu tidur Si Kecil bervariasi sesuai usianya. Semakin besar ia, semakin pendek pula waktu tidurnya. Berikut waktu tidur ideal untuk Si Kecil sesuai usianya.

 

Newborn (0-3 bulan)
Pada usia ini Si Kecil harus tidur selama 16 jam setiap harinya. Tetapi ia belum mengetahui beda antara siang dan malam. Oleh karena itu banyak ibu baru yang sering bergadang karena waktu tidur Si Kecil masih terbalik. Untuk mengatasinya, Anda dapat menerapkan waktu tidur secara konsisten agar Si Kecil terbiasa tidur di malam hari. American Academy of Pediatrics menyarankan agar bayi tidur terlentang atau miring untuk menghindari Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).



 

6- 12 bulan
Si Kecil mulai banyak bermain dan beraktivitas pada usia ini. Sehingga waktu tidurnya berkurang menjadi 14-15 jam per hari. Si Kecil akan tidur siang lebih pendek dan tidur lebih panjang di malam hari. Namun, ada beberapa anak yang masih bangun di malam hari. Jika ini terjadi, tuntun dia untuk kembali tidur dan jangan meladeninya bermain.



 

1-2 tahun
Pada fase batita ini, Si Kecil mulai belajar berjalan dan mengeksplorasi area sekitarnya. Jika Ia ingin bermain di waktu tidurnya, coba usap-usap kepalanya dan tepuk-tepuk pahanya. Cara lain adalah dengan tetap pasif saat dia bermain dan jaga ruangan tetap hening agar Si Kecil kembali mengantuk. (Vya. H/Nadia/TW/Dok. M&B)



Tags: bayi,   batita,   tidur








Cover Januari - Februari 2020