Mother&Baby Indonesia
Menyuapi Anak Ditemani Gagdet? Ini Dampaknya!

Menyuapi Anak Ditemani Gagdet? Ini Dampaknya!

Waktu makan Si Kecil terkadang bisa melelahkan, apalagi jika ia terlalu aktif dan bersemangat. Kalau sudah begini, piring jatuh dan makanan berserakan mungkin menjadi pemandangan yang biasa bagi Anda. Ketika hal itu terjadi, orang tua pun menggunakan berbagai alat agar Si Kecil diam, termasuk memberinya gadget atau membiarkannya menonton televisi.

 

Walaupun terlihat sepele, ternyata hal tersebut dapat menyebabkan keterlambatan bicara pada Si Kecil, Moms. Menurut dr. Jenni K. Dahliana Sp.A, gadget dan televisi menyebabkan Si Kecil kurang diberikan stimulasi, yang dapat berefek pada keterlambatan bicara.



 

“Anak di atas 1 tahun seharusnya suda diajarkan makan sendiri bersama orang tuanya. Disini orang tua menjadi model untuk Si Kecil, waktu makan digunakan untuk makan, tidak sambil bermain atau menonton televisi,” jelas dr. Jenni.



 

Menurut dr. Jenni, Si Kecil tidak dianjurkan berkenalan dengan gadget atau televisi sebelum usia 2 tahun. Walaupun kedua hal itu memiliki suara dan gambar, efeknya tetap berbeda dengan komunikasi langsung. “Hal itu terjadi karena tidak ada interaksi,” tegas dr. Jenni. (Nadia/DC/Dok. M&B)



Tags: bayi,   makan,   gadget










Cover Mei-Juni-Juli 2020