Mother&Baby Indonesia
Mengenal Lanugo, Bulu Bulu Halus pada Newborn

Mengenal Lanugo, Bulu Bulu Halus pada Newborn

Bagi Anda yang baru pertama kali melahirkan, tidak perlu khawatir dengan bulu-bulu halus yang tumbuh di sekujur tubuh bayi. Bulu-bulu tersebut disebut lanugo dan normal dimiliki semua bayi.

 


Lanugo yang tidak berpigmen tumbuh sejak bayi berada di dalam kandungan, terutama setelah melewati bulan keempat. Menjelang kelahiran, sebagian lanugo akan berguguran dan digantikan dengan bulu halus lainnya. Bulu itu disebut dengan vellus, yang memiliki sedikit pigmen. Lanugo yang gugur akan ditelan janin dan keluar sebagai salah satu unsur meconium (kotoran pertama bayi yang berwarna hitam).



 


Pada bayi baru lahir, bulu-bulu halus memiliki fungsi melindungi tubuh bayi dari suhu dingin sehingga ia bisa menyesuaikan diri dengan suhu di luar rahim. Sebab, ketika baru lahir, kulit bayi Anda belum memiliki fungsi perlindungan yang sempurna seperti halnya kulit orang dewasa.



 


Bulu-bulu halus itu mulai berguguran di pekan pertama sampai beberapa bulan kehidupan Si Kecil. Namun, karena wujudnya yang begitu halus, Anda mungkin tidak menyadari proses gugur tersebut sampai Anda melihat kulitnya yang nyaris tidak berbulu lagi. (MN/Meiskhe/DC/dok.M&B UK)



Tags: bayi,   newborn,   bulu,   rambut,   tubuh,   lanugo










Cover April 2020