Mother&Baby Indonesia
Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Banyak sekali mitos seputar kehamilan yang beredar. Terkadang, Anda percaya pada mitos tersebut yang belum tentu kebenarannya. Simak yuk, mitos dan fakta sepuar kehamilan yang wajib Anda tahu yang dikutip melalui buku Panduan Super Lengkap Hamil Sehat dari dr. Suwignyo Siswosuharjo, Sp.OG., M.Kes.

 

Mitos: Makan nanas menyebabkan keguguran
Fakta: Buah nanas mempunyai kandungan serat dan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin tentunya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun, bagi yang tidak tahan rasa asam, nanas menimbulkan masalah pencernaan dan terkadang rasa mual.



 

Mitos: Minum air es saat hamil membuat bayi besar di dalam kandungan sehingga sulit lahir.
Fakta: Ukuran bayi biasanya karena faktor makanan yang bergizi baik, keturunan, dan diabetes. Bayi besar banyak dilahirkan oleh mereka yang mempunyai indikasi kasus diabetes. Bagi ibu hamil yang mempunyai riwayat kencing manis, tidak disarankan untuk terlalu banyak mengonsumsi gula (dalam es) karena akan meningkatkan kadar gula yang berlebihan dan menyebabkan diabetes. Sementara itu, es tidak berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil karena es akan keluar dari tubuh dalam bentuk keringat ataupun air seni.




Mitos: Makan garam menyebabkan kaki bengkak
Fakta: Garam tidak menyebabkan kaki bengkak. Namun, pada kehamilan dengan hipertensi, mengonsumsi garam menambah tingginya tekanan darah tinggi. Hal ini berbahaya bagi kehamilan. Sebenarnya, kaki bengkak disebabkan oleh aliran di pembuluh darah balik (vena) yang kurang lancar. (Seva/TW/Dok. M&B)

 



Tags: mitos,   fakta,   hamil,   kehamilan








Cover Januari - Februari 2020