Mother&Baby Indonesia
4 Jenis Kehamilan Kembar

4 Jenis Kehamilan Kembar

Moms, memiliki bayi kembar (dua atau lebih!) memang sangat menggemaskan. Tidak heran kalau banyak orang tua yang berharap bisa hamil anak kembar. Namun perlu Anda ketahui, ternyata jenis hamil kembar itu sendiri berbeda-beda, lho. Untuk itu kami membedah buku Panduan Super Lengkap Hamil Sehat karya Dr. Suwignyo Siswosuharjo, Sp.OG., M.Kes dan Fitria Chakrawati, S.Sos., MM. Menurut mereka, jenis kehamilan kembar terbagi menjadi:

 

1. Kembar Identik



Jenis ini juga dikenal dengan istilah kembar monozygotic, yaitu kembar yang berasal dari satu sel telur. Biasanya, bayi kembar identik memiliki gen yang sama, jenis kelamin sama, dan wajahnya pun serupa.

 

2. Kembar Fraternal

Dikenal juga dengan kembar dizygotic, atau kembar yang berasal dari dua sel telur. Kehamilan kembar fraternal tidak selalu melahirkan bayi dengan jenis kelamin yang sama, dan wajahnya pun tidak terlalu mirip.

 



3. Kembar Superkundasi

Kembar ini terjadi karena pembuahan dua sel telur atau lebih oleh sperma dalam siklus haid yang sama dari hubungan seks yang berbeda waktu. Dengan begitu, sangat mungkin jika ada dua pria yang menghamili satu wanita dan menghasilkan bayi kembar fraternal. Jadi, masing-masing pria itu menghasilkan satu bayi yang tumbuh bersama di rahim satu wanita, dan akan lahir di waktu yang sama. Istilah lebih tepatnya adalah heteropaternal superfekundasi.

 

4. Kembar Superfetasi

Pada kasus ini, janin baru terbentuk ketika di dalam rahim sudah ada janin dari pembuahan sebelumnya. Memang hampir sama dengan kembar fraternal, hanya saja kembar superfetasi berasal dari dua sel telur dari siklus haid yang berbeda. Saat periksa kandungan bisa terlihat kalau dua janin ini memiliki perkembangan yang berbeda. (Tiffany/Dok. M&B UK)



Tags: kembar,   kehamilan,   kandungan,   bayi,   anak_kembar,  








Cover September 2019

Related Article