Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 15 Oktober 2016 / Redaksi

Tetap Sehat saat Hamil Kembar

Kenyataan bahwa Moms sedang hamil janin kembar, membuat Anda mendadak masuk dalam kategori spesial di mata dokter kandungan. Tidak heran, karena memang banyak yang menyebut kehamilan kembar berisiko tinggi. Jangan khawatir karena risiko tinggi tidak secara otomatis diterjemahkan sebagai kehamilan yang bermasalah.

 

Risiko tinggi bisa diartikan, Moms bersama dokter yang menangani, perlu menjaga kehamilan ini dengan lebih ketat. Memang, ada juga wanita hamil yang memiliki kategori risiko tinggi seperti Moms dengan diabetes, persalinan prematur di kehamilan sebelumnya, atau memiliki masalah kesehatan utama. Namun, mayoritas dari kehamilan kembar berjalan dengan lancar kok, Moms.



 

Langkah paling penting untuk merawat kehamilan Anda adalah melalui pemberian nutrisi yang tepat. Selain asam folat, konsumsi makanan tepat dengan jumlah kalori yang benar, penting untuk kehamilan kembar. Sebagai catatan saja, untuk kehamilan tunggal, diperlukan 300 kalori ekstra setiap hari. Sementara pada kehamilan kembar, seperti dilansir Healthy Children, para ahli merekomendasikan sekitar 1.000 kalori ekstra setiap harinya. 

 



Kudapan sehat dan sering dapat membantu mencapai target kalori setiap hari. Morning sickness, yang pada kebanyakan kasus menjadi all-day sickness, dapat diredakan dengan konsumsi kudapan secara rutin. Mempertahankan sesuatu di dalam lambung dengan jumlah sedikit sepanjang waktu, dapat membantu mengurangi mual. 

 

Jangan lupa untuk memenuhi asupan cairan sepanjang hari ya, Moms. Banyak minum akan membuat Moms sedikit kerepotan di bulan-bulan terakhir kehamilan, karena harus bolak-balik ke toilet untuk berkemih. Disarankan minum lebih banyak di pagi hingga sore hari. Kemudian, upayakan berhenti minum setelah pukul 20.00 agar Moms bisa tidur lebih nyenyak di malam hari tanpa terganggu keinginan untuk berkemih. (Dee/OCH/Dok. Freedigitalphotos.net)

 

 


RELATED ARTICLE

Mau Punya Anak Kembar? Cek 6 Hal Ini!

Tips Atasi Sakit Kepala saat Hamil

Makanan yang Baik dan Pantang Dikonsumsi saat Hamil

OTHER ARTICLES

Tips Lancar Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Masalah Setelah Melahirkan: Varises dan Wasir

Masalah Setelah Melahirkan: Prolaps Organ Panggul (POP)

Pertanyaan Seputar Rupa Calon Bayi yang Ingin Anda Tahu

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Sahur