Mother&Baby Indonesia
Posisi Tidur Ini Bisa Cegah Varises saat Hamil, Lho!

Posisi Tidur Ini Bisa Cegah Varises saat Hamil, Lho!

 

Moms, seperti yang Anda ketahui, varises adalah pembesaran atau pelebaran pembuluh darah vena yang terletak tepat di bawah permukaan kulit. Varises yang juga dikenal dengan isitlah vena supervisial ini, umumnya terlihat pada bagian kaki. Selain di betis, varises juga kadang timbul di daerah anus. Untuk menghindarinya, terapkanlah pola makan yang baik, yaitu konsumsi makanan berserat dan tidak mengejan secara berlebihan ketika buang air besar.

 



Bagi para ibu hamil, varises mungkin bukan hal yang asing lagi. Bagaimana tidak, varises memang sering muncul saat hamil. Hal ini terjadi karena pembendungan aliran darah akibat ukuran rahim yang semakin membesar, hingga menekan pembuluh darah balik di sekitar perut. Akibatnya, aliran darah di bagian bawah perut menjadi tersendat, jadilah betis mulus Anda terkena varises.




Namun jangan khawatir dulu, Moms, karena varises saat hamil bisa dicegah, lho! Salah satu cara untuk mencegah varises saat hamil adalah berbaring dengan posisi miring ke kiri pada waktu tidur. Tujuannya, agar pembuluh darah balik yang menuju ke jantung, yang terletak di belakang rahim, tidak tertekan. Semoga Anda terhindar dari varises ya, Moms! (Meiskhe/TW/Dok. M&B UK)
 



Tags: hamil,   kehamilan,   varises,   pembuluh_darah,   kaki,   aliran_darah








Cover Maret 2020