Mother&Baby Indonesia
Lawan Flu saat Hamil dengan Cara Ini!

Lawan Flu saat Hamil dengan Cara Ini!

 

Moms, Anda pasti sudah tahu kalau daya tahan tubuh memang menurun saat hamil. Oleh karena itu, Anda jadi lebih mudah terkena flu. Nah, untuk membantu Anda, cobalah 6 langkah untuk meredakan gejala flu yang mengganggu masa kehamilan Anda.



 

1. Perhatikan Suhu Tubuh

Ketika ibu hamil terserang flu, pastikan suhu tubuh Anda tidak terlalu tinggi. Ukur suhu tubuh Anda sekitar 2 kali sehari. Jika lebih dari 38 derajat Celsius, maka artinya Anda terkena demam. “Jika ibu hamil terkena demam, Anda bisa mengonsumsi parasetamol. Ini aman untuk ibu hamil dan dapat membantu menurunkan demam,” ujar Prof. Dr. Med. Ali Baziad, dr. Sp.OG, dari FKUI-RSCM.

 

Namun, apa pun obat yang Anda konsumsi, sebaiknya harus seizin dokter kandungan Anda, ya. Adapun kandungan obat yang wajib bumil hindari adalah antihistamin, ibuprofen, dan aspirin.

 

2. Obat Alami

Sebaiknya, ibu hamil sebisa mungkin menghindari obat-obatan. Nah, untuk meredakan flu dengan obat alami, Moms bisa mencoba minum air jahe dan minum vitamin C yang kaya antioksidan. Vitamin C membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dan menjaganya tetap sehat.

 

3. Perbanyak Minum



Ketika Anda flu, tubuh butuh lebih banyak air untuk menggantikan keringat dan cairan tubuh lain yang banyak keluar. “Wanita hamil sebaiknya mengonsumsi 3 liter air per hari. Pastikan air yang diminum mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh, ya,” ujar Dr. Ulul Albab, Sp.OG, dari RS Bunda Margonda.

 

4. Makan yang Sehat

“Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di musim dingin,” saran Sarah West, pakar nutrisi dari Sarahwestnutrition.co.uk. Ia juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan dengan warna yang cerah, misalnya tomat merah, bayam hijau, dan paprika kuning. Semua itu kaya akan antioksidan, seperti carotenoids dan flavonoid yang baik untuk melawan infeksi.

 

5. Hidup Higienis

“Virus menyebar dengan pola 50-50. Artinya, 50 persen lewat bersin dan 50 persen lagi lewat kontak tangan,” ujar Profesor Alyn Morice, kepala penelitian kardiorespiratori di Hull York Medical School. Untuk itu, Anda perlu rajin mencuci tangan, terutama sebelum makan, selama jam kerja, dan sebelum Anda menyentuh wajah Anda.

 

6. Banyak Istirahat

Istirahat adalah cara terbaik untuk melawan virus-virus influenza yang sedang bermarkas di tubuh Anda. Tidurlah sebanyak mungkin, agar tubuh Anda bisa berkonsentrasi untuk pulih. Semoga Anda sehat selalu ya, Moms! (Tiffany/OCH/Dok. M&B UK)



Tags: flu,   influenza,   kehamilan,   obat,   aman,   antioksidan,   natural










Cover April 2020