Mother&Baby Indonesia
Ibu Hamil Perlu Mengonsumsi 7 Makanan Ini

Ibu Hamil Perlu Mengonsumsi 7 Makanan Ini

Moms! Makanan sehat merupakan hal penting untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda. Untuk itu, yuk penuhi kebutuhan tubuh Anda dan janin, dengan mengonsumsi 7 makanan sehat berikut ini:

 

1. Makanan yang diperkaya Folat dan Vitamin B
Seperti yang anda ketahui, folat sangat penting untuk dikonsumsi sejak sebelum, saat, dan sesudah hamil. Begitu juga dengan vitamin B yang sangat penting selama 9 bulan Anda mengandung. Para ahli menyarankan agar Anda mengonsumsi 400 mikrogram folat per hari, yang bisa Anda peroleh dari suplemen maupun makanan kaya folat dan vitamin B seperti asparagus dan kacang polong.




2. Kacang-kacangan
Saat hamil, Anda membutuhkan 10 gram ekstra protein sehari (untuk total setidaknya 60 gram). Kacang-kacangan merupakan sumber yang sangat baik, dengan sekitar 15 gram per cangkir. Kacang-kacangan juga tinggi serat yang membantu untuk mengatasi sembelit. Dari 1 cangkir lentil yang dimasak, dapat memenuhi setengah dari kebutuhan folat harian Anda. "Tambahkan untuk hidangan nasi dan salad," saran Lola O'Rourke, RD, juru bicara American Dietetic Association.


3. Brokoli
Sayur yang satu ini tidak hanya memiliki nutrisi seperti kalsium dan folat, tapi brokoli juga kaya serat dan antioksidan. Brokoli juga kaya vitamin C, jadi tidak heran kalau sayuran hijau ini dapat membantu tubuh Anda menyerap zat besi, jika dipadukan dengan makanan yang kaya zat besi, seperti pasta gandum atau beras merah.


4. Susu Tanpa Lemak
Tubuh anda saat hamil menyerap sekitar dua kali lebih banyak kalsium dari makanan, sehingga kebutuhan sehari-hari Anda tetap sama. Namun karena kebanyakan dari kita terlalu sedikit mengonsumsi kalsium, maka salah satu cara untuk mengimbanginya yaitu minum tanpa lemak.




5. Pisang
Pisang kaya akan kalium dan energi yang cepat untuk melawan kelelahan kehamilan. "Mereka juga mudah dicerna pada perut Anda, jika Anda mual," kata O'Rourke. Iris pisang untuk dikonsumsi bersama sereal, atau jadikan smoothie dengan mencampurnya bersama yogurt, buah, es, dan jus jeruk.


6. Keju
Bumil mungkin dilarang keras mengonsumsi keju lunak, tetapi keju cheddar dan mozzarella bisa sangat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan kalsium harian.


7. Kedelai
Bagi bumil yang vegetarian, Anda tetap harus memenuhi kebutuhani protein Anda (ahli gizi dapat membantu anda menyusun rencana yang sehat). Jadi pastikan untuk menyertakan makanan seperti tahu atau tempe dengan kandungan 10 gram protein per setengah cangkir ya, Moms. (Rita/TW/Dok. M&B UK)

 



Tags: hamil,   makanan,   ibu_hamil,   nutrisi,   vitamin,