Mother&Baby Indonesia
Bagaimana Jika Tidak Bisa Menyusui?

Bagaimana Jika Tidak Bisa Menyusui?

 

Semua ibu pasti ingin menyusui anaknya. Namun, tidak bisa dipungkiri menyusui bukan hal yang mudah bagi beberapa ibu. Jika beragam cara sudah Anda upayakan, namun tidak berhasil, jangan menyalahkan diri sendiri ya, Moms. Anda masih bisa berjuang memberikan yang terbaik bagi Si Kecil, dengan mencoba 5 tips efektif untuk Anda yang tidak bisa menyusui.

 

1. Beri Kolostrum

Kolostrum adalah air susu pertama yang dihasilkan pada masa akhir kehamilan dan beberapa hari setelah bayi dilahirkan. Kolostrum sangat bermanfaat sebagai antibodi Si Kecil dan tepat untuk memenuhi segala nutrisi yang ia butuhkan.

 

2. Lakukan Semampunya

Fokus pada apa yang bisa Anda berikan. Menyusui satu minggu lebih baik daripada tidak sama sekali, dan menyusui walau hanya dua minggu lebih baik daripada seminggu.

 

3. Maksimalkan yang Lain

Ingatlah bahwa sebagai seorang ibu, menyusui hanya salah satu tugas. “Menyayangi mereka, membuatnya merasa aman dan bahagia juga sama pentingnya,” ujar Nikki Khan, seorang bidan.

 

4. Tidak Semua Hal Sempurna

“Walaupun banyak yang mengatakan bahwa semua ibu bisa menyusui, saya percaya alam tidak selalu 100 persen sempurna. Saya menemui banyak ibu yang tidak menyusui karena beberapa alasan. Prioritas Anda adalah memberi makan anak, entah itu ASI atau susu formula,” jelas Louisa Van den Bergh, konselor menyusui dan founder Lulubaby.

 

5. Ibu Bahagia = Bayi Bahagia

Jika Anda menyalahkan diri sendiri karena tidak menyusui, kemudian berusaha agar produksi ASI lebih banyak sampai kelelahan, Si Kecil tidak akan mendapatkan versi Anda yang terbaik. Namun, jika Anda tenang dan cukup istirahat, Si Kecil pun akan merasakan hal yang sama. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: menyusui,   ibu_menyusui,   busui,   asi








Cover Januari - Februari 2020