Mother&Baby Indonesia
4 Tips untuk Menjadi Ibu yang Positif

4 Tips untuk Menjadi Ibu yang Positif

Sejak hamil sampai saat anak lahir, Anda akan menerima banyak nasihat dan saran dalam membesarkan Si Kecil, mulai dari keluarga terdekat, dokter, bahkan ibu lain yang baru Anda kenal di ruang menyusui. Sangat mudah bagi Anda untuk tenggelam dalam banyaknya informasi dan meragukan pilihan Anda. Untuk itu, ikuti beberapa tips agar Anda dapat menjadi ibu yang lebih tenang dan percaya diri, seperti dikutip dari M&B UK.

 

1. Jangan Membandingkan

Terimalah bahwa semua ibu berbeda. Jangan membandingkan Anda dengan ibu lain dalam hal apapun, seperti artis yang bisa langsung kembali kurus, atau teman Anda yang bisa melahirkan tanpa bantuan epidural. Ada ibu lain yang mengalami hal-hal yang jauh lebih buruk dan membuat Anda lebih bersyukur.

 

2. Sesuaikan Target Anda

Anda mungkin sudah memiliki gambaran ideal tentang menjadi ibu. Tetapi, bisa saja bayangan itu tidak sesuai dengan kenyataannya. Untuk itu, penting untuk tetap menjadi realistis, agar mood Anda tetap positif.

 

3. Fokus pada Masa Kini

Memiliki target yang ideal memang baik. Namun, jangan sampai hal itu membuat Anda terbebani. Misalnya, Anda sudah berniat untuk selalu memasak sendiri makanan anak, lalu Anda merasa bersalah karena terpaksa menggunakan makanan bayi kemasan. Hindari merasa bersalah karena hal seperti itu Moms. Fokus pada masa sekarang, bahwa anak sudah lapar dan Anda tidak sempat memasak. “Jika Anda memikirkan tentang masa depan, Anda akan merasa panik dan depresi. Lebih baik Anda menikmati masa-masa menyenangkan bersama Si Kecil,” jelas Dr. Andrew Mayers, psikolog dari Universitas Bournemouth.

 

4. Hargai Usaha Anda

Jangan terlalu keras pada diri sendiri. Akuilah usaha-usaha yang sudah Anda lakukan dan nikmati me time. “Minum minuman favorit Anda sambil membaca majalah. Berikan penghargaan pada diri sendiri karena sudah menjadi ibu yang baik.,” ujar Andrew. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: tips,   ibu,   newborn,   bayi,   info