Mother&Baby Indonesia
4 Tips Memaksimalkan Peran Ayah

4 Tips Memaksimalkan Peran Ayah

 

Setelah Si Kecil lahir, bukan hanya hidup Anda yang berubah. Suami pun merasakan hal yang sama sejak menjadi seorang ayah. Penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya, pria berubah ke arah yang lebih positif setelah menjadi ayah. “Menjadi ayah mengubahnya menjadi orang yang lebih baik bagi dirinya sendiri, pasangannya, dan anak-anaknya. Perubahan positif itu akan membuatnya menjadi ayah yang aktif dan bahagia dalam rumah tangga Anda,” jelas Adrienne Burgess dari The Fatherhood Insititute, seperti dikutip dari Mother&Baby UK. Berikut cara untuk memaksimalkan perubahannya untuk Anda dan Si Kecil.

 

1. Minta Ayah Terlibat

Semakin lama ayah menghabiskan waktu bersama anak, semakin banyak pula hormon oksitosin yang ia hasilkan. Hormon ini berguna untuk meningkatkan bonding dan rasa cinta.

 

2. Beri Dukungan

Penelitian menunjukkan bahwa 30 persen ayah tidak tahu cara menggendong bayi dan 19 persen membutuhkan waktu seminggu untuk merasa nyaman melakukannya. Jadi berilah ia dukungan agar lebih percaya diri ya, Moms.

 

3. Luangkan 45 Menit

Penelitian lain menunjukkan bahwa ayah yang menghabiskan waktu 45 menit tiap hari bersama bayi berumur 9 bulan, dapat mengetahui jenis mainan yang disukai anaknya.

 

4. Beri Pelukan

Ayah yang memeluk bayinya sesaat setelah ia lahir, akan memiliki ikatan seperti bayi dengan ibunya. Jadi biarkan ayah sering-sering memeluknya. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: ayah,   bayi,   info,   peran_ayah,   tips








Cover Januari - Februari 2020