Mother&Baby Indonesia
8 Manfaat Seks saat Hamil

8 Manfaat Seks saat Hamil

Seks saat hamil terasa lebih nikmat dari sebelumnya? Ya, hormon-hormon kehamilan bahkan meningkatkan kesempatan bumil untuk merasakan multiple orgasm! Tidak hanya itu, seks saat hamil juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Apa saja? Dilansir dari Fox News, inilah 8 manfaat seks saat hamil.

 

1. Lebih Kuat saat Bersalin

Orgasme saat hamil membuat otot panggul menjadi lebih siap untuk bersalin. Hal ini karena orgasme melatih otot-otot yang digunakan untuk bersalin. Manfaatnya juga akan terasa setelah Si Kecil lahir. Otot kegel Anda akan lebih cepat pulih jika sering mengalami orgasme saat berhubungan seks di masa kehamilan. “Setelah Anda menggunakan otot-otot panggul itu untuk mendorong bayi saat bersalin, maka otot-otot itu akan lebih mudah untuk kencang kembali,” ujar Jeanne Faulkner, perawat di Portland, Orefon, dan penulis Common Sense Pregnancy: Navigating a Healthy Pregnancy and Birth for Mother and Baby.

 

2. Ke Toilet Seperlunya

Hamil membuat Anda mau buang air kecil setiap menit? Atau bahkan tertawa dan bersin membuat Anda ngompol? Itu semua sering terjadi saat hamil. Apalagi, kalau bayi Anda sudah semakin besar sehingga semakin menekan kandung kemih, uh, pasti semakin tidak nyaman. Berita baiknya, otot yang Anda latih untuk bersalin itu juga membantu urine keluar dengan normal, kata Tammy Nelson, PhD, penulis Getting the Sex You Want.

 

3. Membakar Kalori

Seks adalah cara cepat, mudah, dan nikmat untuk menjaga tubuh Anda tetap fit! Seperti dikutip dari Whattoexpect.com, seks 30 menit dapat membakar 50 kalori dalam tubuh Anda lho, Moms!

 

4. Mencegah Komplikasi

Menurut sebuah penelitian di Denmark, sering berhubungan intim dapat mencegah pre-eklampsia. Para peneliti percaya hal itu disebabkan oleh kandungan protein dalam sperma yang memperbaiki sistem imun tubuh. Namun karena penyebab pre-eklampsia masih belum diketahui, maka sangat penting untuk rutin kontrol kandungan Anda.

 

5. Menurunkan Tekanan Darah

Walaupun tekanan darah Anda bisa menurun setelah berhubungan intim, namun hal itu hanya sementara saja, kata Faulkner. Namun perlu diingat kalau tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi Anda dan bayi Anda, jadi pastikan Anda menjaga tekanan darah Anda dan rutin kontrol ke dokter kandungan.

 

6. Menahan Rasa Sakit

Dikutip dari Whattoexpect.com, orgasme melepaskan hormon oksitosin (hormon cinta) yang menurut sebuah penelitian dapat meningkatkan toleransi tubuh akan rasa sakit hingga 74 persen!

 

7. Orgasme Lebih Berkualitas!

Saat hamil, tubuh Anda lebih sensitif, puting dan klitoris Anda lebih peka, dan ada lebih banyak estrogen di tubuh Anda. Semua itu membuat Anda lebih mudah merasakan orgasme yang lebih lama dan lebih kuat! Jadi untuk wanita yang sebelumnya sulit orgasme, selamat menikmati masa kehamilan Anda.

 

8. Mengurangi Stres

Walau masa kehamilan biasanya adalah masa yang menyenangkan, namun Anda normal jika tetap mengkhawatirkan pekerjaan, keuangan, dan perubahan kehidupan saat Si Kecil sudah lahir nanti. Namun dengan oksitosin, hormon cinta yang dilepaskan tubuh Anda ketika Anda orgasme, maka stres akan berkurang dan tidur jadi lebih nyenyak. (Tiffany/OCH/Dok. M&B UK)

 



Tags: seks,   manfaat,   tips,   kesehatan,   pasangan,  








Cover Januari - Februari 2020