Mother&Baby Indonesia
Ibu Lebih Mudah Stres daripada Ayah

Ibu Lebih Mudah Stres daripada Ayah

 

Moms, sebagai orang tua, pernahkah Anda merasa lebih mudah senewen dibanding suami? Anda tidak sendirian, Moms. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu memang lebih mudah stres saat bersama anak, dibanding dengan ayah.

 

Penelitian ini dilakukan pada 12 ribu orang tua yang memiliki anak di bawah usia 18 tahun dalam rentang waktu 2010 – 2013. Dalam penelitian itu, ibu dan ayah ditanya tentang aktivitas mereka dan perasaan apa yang mereka rasakan dalam 3 periode setiap harinya, apakah senang, sedih, stres, atau lelah. Hasilnya, para ibu cenderung lebih stres sebagai orang tua.

 

Tetapi, bukan berarti para ibu ini tidak bahagia menjadi ibu lho, Moms. Menurut para sosiolog dari Cornell University, alasannya adalah karena ibu lebih banyak terlibat dalam aktivitas membesarkan anak yang tidak menyenangkan, dibanding ayah.

 

Para ibu mengurus semua kebutuhan Si Kecil dan melakukan lebih banyak waktu untuk solo-parenting, sehingga banyak ibu yang kurang tidur dan membuat level stres meningkat.

 

“Ibu-ibu bermain dengan anaknya, tetapi mereka juga memasak, memandikan anak, dan mencuci baju. Jadi ibu melakukan beragam aktivitas yang kurang menyenangkan dibanding dengan para ayah. Sementara itu, ayah lebih banyak bermain dengan anak, yang memang merupakan waktu yang menyenangkan untuk orang tua dan anak,” jelas Kelly Musick, penulis penelitian dan profesor manajemen dan analisis kebijakan, seperti dikutip dari Health.com.

 

Menurut Kelly, peneitian ini menunjukkan bahwa tiap pasangan sebaiknya berdiskusi tentang ekspektasi masing-masing tentang ayah dan ibu, sehingga tidak ada perasaan tidak seimbang antara keduanya. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: stres,   ibu,   orang_tua,   penelitian,   info