Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Periksa Gigi sebelum Hamil

Pentingnya Periksa Gigi sebelum Hamil

Siapa yang Anda kunjungi saat hendak merencanakan kehamilan? Pasti dokter kandungan. Jawaban yang satu ini memang sangat tepat, namun akan semakin tepat jika Anda juga mengunjungi dokter gigi. “Mengunjungi dokter gigi sebelum Anda hamil hampir sama pentingnya dengan mengunjungi dokter kandungan,” ujar Heidy Murkoff, penulis Kitab Hamil Terlengkap, terjemahan dari buku What to Expect When You're Expecting.

 

 



Kenapa kita harus ke dokter gigi sebelum hamil ya? Dalam buku tersebut dituliskan kalau kehamilan dapat berpengaruh pada kesehatan mulut, dan kesehatan mulut dapat memengaruhi kehamilan. Jika sebelum hamil Anda memiliki masalah gusi dan gigi, maka hormon-hormon kehamilan dapat memperburuknya. Hal itu tentu saja akan mengganggu kesehatan mulut jika tidak dirawat dengan baik sejak dini.

 



Selain itu, penelitian membuktikan bahwa penyakit gusi mungkin berhubungan dengan beberapa komplikasi kehamilan lho, Moms. Dikutip dari Web MD, penyakit gusi berkaitan erat dengan persalinan prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR).

 

Jadi, sebelum Anda sibuk dengan persiapan program hamil, sempatkan diri untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi ya. Pastikan juga Anda menjalani semua perawatan yang diperlukan, mungkin pemotretan rahang dan gigi, penambalan gigi, atau operasi gigi. Semua itu akan lebih baik dilakukan sekarang, daripada nanti saat Anda sudah hamil. (Tiffany/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: kesehatan,   kehamilan,   gigi,   mulut,   gusi,   oral,   kandungan,  








Cover Januari - Februari 2020