Mother&Baby Indonesia
Trik Menyiapkan Si Pemalu Masuk Sekolah

Trik Menyiapkan Si Pemalu Masuk Sekolah

Setiap anak memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada anak yang cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, ada pula yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat nyaman bergaul dengan teman-temannya. Bagaimana dengan Si Kecil kesayangan Anda? Jika ia cenderung pemalu, ada beberapa cara yang dapat mendorongnya untuk lebih berani saat ia akan masuk sekolah atau lingkungan baru. Ini 5 tipsnya:

 

1. Perkenalan Dini



Sejak jauh-jauh hari sebelum hari pertama sekolah, sebaiknya Anda sudah mengenalkan sekolahnya kepada Si Kecil. Ceritakan, lalu kunjungi lingkungan sekolah dan perlihatkan kondisi sekolah, seperti ruang kelas, toilet, lapangan olahraga, dan lain-lain.


2. Halo, Teman-teman!

Jika memungkinkan, cari informasi mengenai anak-anak lain yang tinggal di sekitar Anda dan bersekolah di sekolah yang sama dengan si kecil. Kenalkan si kecil pada mereka sebelum masuk sekolah.




3. Bertatap Mata

Ajari anak untuk menatap lawan bicara secara perlahan dan bertahap. Ingatlah untuk tetap memberi dukungan dan pujian saat ia berhasil melakukan hal tersebut.


4. Bertemu Banyak Orang

Sering-seringlah mengajak si kecil bertemu banyak orang, tidak hanya yang sebaya, tapi juga yang lebih muda dan lebih tua. Ajari ia untuk berbicara dengan yang lebih muda dulu, agar penyesuaian dirinya dapat dimulai bertahap. Jangan lupa untuk mengajarinya mengenai sopan santun dengan memberi contoh, seperti bersalaman saat bertemu teman, mengucapkan nama saat bersalaman, dan sebagainya. (Meiskhe/TW/dok.M&B UK)



Tags: balita,   anak,   sifat,   preschool,   persiapan_sekolah








Cover Januari - Februari 2020