Mother&Baby Indonesia
Perhatikan Ini Sebelum Memilih Daycare

Perhatikan Ini Sebelum Memilih Daycare

Menitipkan anak di daycare menjadi pilihan yang semakin diminati bagi para orang tua bekerja. Program yang dirancang untuk menstimulasi anak, membuat ibu bekerja merasa lebih tenang dan nyaman saat menitipkan Si Kecil. Agar perkembangan anak tetap maksimal, Putu Andani, M. Psi., Psikolog Anak dan Remaja dari Tiga Generasi, menyarankan agar Moms memerhatikan hal ini sebelum memilih daycare.

 

1. Program yang Ditawarkan
Terdapat 2 jenis daycare berdasarkan program yang ditawarkan, yaitu yang fokus kepada penitipan anak saja, dan yang disesuiakan dengan program PAUD atau preschool. Jika Anda tertarik dengan opsi kedua, sebaiknya pilih daycare dengan program yang menstimulasi berbagai aspek perkembangan, seperti bahasa-komunikasi, sosial-emosional, kemandirian, dan motorik.




2. Makanan
Tidak hanya program kegiatan, kini semakin banyak daycare yang menyediakan makanan untuk anak. Agar pertumbuhannya tetap optimal, pastikan gizi makanan yang diberikan sudah seimbang. Jangan lupa untuk mengkomunikasikan kepada pihak daycare, jika anak alergi terhadap makanan tertentu.




3. Latar Belakang Pengasuh atau Guru
Memilih daycare, sama saja dengan memilih pihak yang akan Anda berikan kepercayaan untuk menjaga Si Kecil sejenak. Untuk itu, latar belakang, serta jumlah pengasuh dan guru menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan.

4. Keamanan
Saat di daycare, anak akan melakukan berbagai kegiatan. Agar ia tidak cidera, pastikan infrastruktur, furnitur, perlengkapan, dan mainan yang ada di daycare sudah aman bagi Si Kecil. Anda tentu tidak mau kan ada kecelakaan di daycare yang melukai Si Kecil.  (Claudia Carla/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: daycare,   ibu,   anak,   pengasuhan,   penitipan_anak,