Mother&Baby Indonesia
Yuk, Bacakan Buku untuk Anak!

Yuk, Bacakan Buku untuk Anak!

Membacakan buku dengan suara lantang merupakan cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk membantu Si Kecil mau belajar membaca. Kegiatan ini bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan juga kok!

Ketika Moms dan Dads memperlihatkan rasa gembira saat membaca buku, Si Kecil juga akan menikmatinya. Bukan tidak mungkin, ia akan semakin tertarik untuk belajar membaca. 

Sebelum mulai melakukan, penting untuk Moms dan Dads ingat adalah membiarkan anak menentukan kecepatannya saat melihat buku yang sedang dibaca bersama dan bersenang-senang atas kegiatan yang dilakukan. Berikut trik yang dapat dilakukan saat membacakan buku kepada anak. 



1. Gerakkan jari di bawah kata-kata yang sedang Moms dan Dads baca.

2. Gunakan suara yang lucu atau menirukan suara binatang saat membaca buku. Tak ada salahnya untuk bermain sandiwara karena hal ini akan membuat anak bergembira ketika mendengarkan cerita tersebut. 

3. Sesekali berhenti melihat gambar dan minta Si Kecil untuk menyebutkan nama sesuatu pada gambar yang ditunjuk.

4. Ceritakan tentang hubungan antara gambar dengan cerita yang sedang dibaca. 



5. Ajak anak untuk mengikuti Anda saat ada frasa berulang di dalam teks. 

6. Bila anak menanyakan sesuatu, berhentilah sejenak untuk menjawab pertanyaannya. Buku bisa membantu Si Kecil mengekspresikan pikiran dan membantu memecahkan masalahnya. 

7. Teruslah membacakan buku kepada Si Kecil meskipun ia suda belajar membaca. Ia bisa mendengarkan dan memahami cerita yang lebih sulit daripada yang dibacanya sendiri. 

Selamat membacakan buku Moms! (Dee/OCH/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: kid,   anak,   buku,   belajar










Cover April 2020