Mother&Baby Indonesia
Melatih Daya Ingat Anak dengan Membacakan Dongeng

Melatih Daya Ingat Anak dengan Membacakan Dongeng

   Kebiasaan mendongeng untuk Si Kecil semakin hari semakin ditinggalkan. Dengan berbagai alasan yang ada, kini sepertinya hanya sedikit orang tua yang masih membacakan dongeng untuk akanya. Padahal, mendongeng memiliki banyak manfaat untuk orang tua dan anak, lho. Dengan membacakan dongeng, Moms bisa membangun hubungan yang lebih erat dengan Si Kecil.

 

Tidak hanya memiliki membuat hubungan orang tua dan anak jadi lebih harmonis, mendongeng juga memiliki banyak manfaat lainnya lho, Moms. Berikut beberapa manfaat membacakan dongeng untuk Si Kecil:



 

1. Membangkitkan Minat Baca Anak

Membacakan dongeng kepada Si Kecil menjadi pilihan yang menarik jika Anda ingin memulai membiasakan anak untuk gemar membaca buku. Dengan membacakan anak sebuah cerita, anak jadi penasaran dan tertarik untuk bisa membacanya sendiri. Hal ini menjadi modal agar ia terbiasa untuk membaca sejak usia dini.


2. Melatih Daya Ingat

Pada anak balita, daya ingat yang mereka miliki sangat tinggi. Mendongeng juga dapat digunakan untuk melatih daya ingat anak dengan cara menanyakan kembali beberapa poin isi dari cerita yang sudah dibacakan.




Baca juga: Moms, Ini Rekomendasi Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak


3. Mengembangkan Daya Imajinasi Si Kecil

Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan imajinasi. Oleh sebab itu, menjadi tugas orang tua untuk bisa mengarahkan imajinasi anak ke arah yang positif.


4. Mengembangkan Kemampuan Berbahasa

Membacakan Si Kecil sebuah cerita mampu mengembangkan kemampuannya dalam berbahasa, karena ia jadi mengenal banyak kosakata baru. Dengan bahasa positif yang ada di dalam sebuah buku cerita, membuat anak memilki tutur kata yang juga positif. (Adonia/TW/Dok. M&B)



Tags: dongeng,   buku,   rutinitas,   anak,   balita,