Mother&Baby Indonesia
Amankah Mengonsumsi Kopi Saat Menyusui?

Amankah Mengonsumsi Kopi Saat Menyusui?

 

Salah satu masalah yang sering dialami ibu menyusui adalah keraguan untuk mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti kopi. Banyak ibu yang takut untuk mengonsumsinya karena takut kandungan kafein akan tersalur melalui ASI, sehingga berpotensi mengganggu pencernaan Si Kecil. Padahal konsumsi kopi bagi ibu menyusui diperbolehkan, hanya saja dalam jumlah yang wajar.

 



Meski kafein yang Anda konsumsi memang akan tersalur melalui ASI, tetapi banyak penelitian menunjukkan jumlahnya tidak lebih dari 1 persen. Akademi Ilmu Kesehatan Anak Amerika merekomendasikan para ibu menyusui untuk meminum tidak lebih dari 3 cangkir dalam sehari. Banyak ahli yang setuju bahwa Moms sebaiknya membatasi jumlah kafein 300 miligram setiap harinya. Moms juga dapat mengganti jenis kopi dengan kadar kafein lebih rendah, seperti coffee latte, jika sudah terbiasa mengonsumsi lebih dari 1 cangkir.

 



BACA: Aturan Minum Kopi Saat Hamil

 

Sulit untuk mengetahui apakah jumlah kafein yang Moms konsumsi terlalu berlebihan bagi bayi, terutama karena tidak ada gejala yang tampak jelas secara fisik. Tetapi jika Moms merasa Si Kecil rewel setelah Anda meminum kopi, cobalah untuk berhenti mengonsumsi kopi selama seminggu. Kemudian, lihat apakah ada perbedaannya. Setelah itu kembali konsumsi kopi, lalu perhatikan apa kah ia kembali rewel. Jika ya, maka Anda telah dapat menemukan jawabannya. (Claudia Carla/TW/ Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: kopi,   ibu,   bayi,   nutrisi,   asi