Mother&Baby Indonesia
Makanan Super untuk Otak Anak (Bagian 2)

Makanan Super untuk Otak Anak (Bagian 2)

 

 

Moms, Anda pasti setuju kalau untuk mencerdaskan Si Kecil, juga diperlukan nutrisi otak yang mengoptimalkan perkembangannya. Menurut buku Menu Sehat & Permainan Kreatif untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak, disebutkan kalau ada 12 makanan yang dijuluki sebagai 'brain food.' Nah, 12 makanan itu dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memerbaiki fungsinya, dan meningkatkan daya ingat juga konsentrasi anak. Apa saja ya 12 'brain food' tersebut? Ini daftarnya



 

BACA: Makanan Super untuk Otak Anak (Bagian 1)

 

7. Oat atau Oatmeal
Salah satu jenis sereal ini kaya akan kandungan serat yang memenuhi kebutuhan otak sepanjang pagi. Oat juga kaya akan vitamin E, B, potasium, dan seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh. Tidak hanya itu, oat juga membuat Si Kecil kenyang lebih lama. Coba resep bubur oat berikut ini yuk, Moms!

 

8. Aneka Berry
Semakin kuat warnanya, semakin banyak gizinya. Baik strobery, blueberry, blackberry, maupun ceri  kaya akan vitamin C dan antioksidan kadar tinggi, atau sering disebut antosianidin. Zat ini penting untuk melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

 



9. Kacang-kacangan
Kacang kaya akan kandungan serat, vitamin B kompleks, zat besi, dan magnesium. Semua kandungan itu penting bagi fungsi otak, karena dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan sistem saraf anak. Selain itu, kacang-kacangan juga terbukti efektif mengurangi masalah jantung lho, Moms!

 

10. Buah & Sayuran Berwarna
Inilah sumber dari berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Vitamin B kompleks sangat memengaruhi fungsi otak dan perubahan emosi serta perilaku Si Kecil. Vitamin A, C, dan E merupakan antioksidan yang efektif meningkatkan dan memerbaiki fungsi otak. Sedangkan mineral bertugas untuk mengontrol volume otak agar sel otak tetap segar dan fungsinya optimal. Masih banyal lagi manfaat vitamin dan mineral, jadi pastikan Si Kecil gemar mengonsumsi buah dan sayuran ya, Moms.

 

11. Susu & Yogurt
Produk-produk susu ini kaya akan protein dan vitamin B tinggi. Keduanya penting bagi pertumbuhan jaringan otak, nerotransmiter, dan enzim. Mau berkreasi dengan yogurt? Puding Roti Yogurt Kukus ini bisa Anda coba.

 

12. Keju
Makanan yang satu ini merupakan sumber protein yang baik untuk mengoptimalkan kerja otak. Selain itu, sebuah riset mengatakan kalau Keju Mengurangi Risiko Kanker Pencernaan lho, Moms! (Tiffany/OCH/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: nutrisi,   gizi,   menu,   makanan,   anak,   balita,   kecerdasan,   otak,  








Cover Januari - Februari 2020