Mother&Baby Indonesia
Makanan Super untuk Otak Anak (Bagian 1)

Makanan Super untuk Otak Anak (Bagian 1)

 

 

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh cerdas, setuju? Untuk itu, Anda perlu memberi Si Kecil stimulasi yang tepat dan makanan kaya nutrisi. Menurut buku Menu Sehat & Perminan Kreatif untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak, disebutkan kalau ada 12 makanan yang dijuluki sebagai 'brain food.' Bagaimana tidak, kandungan nutrisi dalam 12 makanan tersebut bisa merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memerbaiki fungsinya, dan meningkatkan daya ingat juga konsentrasi anak. Nah, apa saja ya 12 'brain food' tersebut? Yuk, lihat daftarnya.



 

BACA: Makanan Super untuk Otak Anak (Bagian 2)

 

1. Ikan dan Kerang-kerangan
Menu ini merupakan sumber terbaik DHA dan EPA yang terkandung dalam asam lemak omega-3. Kandungan ini penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. DHA dan EPA banyak terkandung dalam jenis-jenis ikan yang hidup di perairan laut dalam, seperti ikan salmon, tuna, sardin, makarel, tenggiri, dan kembung.

 

2. Telur
Bagian kuning telur kaya akan kandungan lecithin yang penting bagi otak dan membantu meningkatkan daya ingat.

 



3. Daging Sapi
Kandungan zat besi dalam daging sapi sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi Si Kecil di sekolah. Selain itu, zat besi juga membantu anak-anak tetap berenergi agar selalu aktif.

 

4. Daging Ayam
Kandungan protein hewani dalam daging ayam berkualitas tinggi dan mengandung semua asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil.

 

5. Gandum Murni
Untuk dapat bekerja optimal, otak membutuhkan suplai glukosa yang konstan. Nah, kandungan serat dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh.

 

6. Beras Merah
Sumber karbohidrat kompleks ini membantu meningkatkan kadar serotonin dalam otak, sebuah senyawa kimia yang menenangkan otak dan memperbaiki suasana hati. (Tiffany/OCH/Dok. M&B UK)



Tags: makanan,   nutrisi,   gizi,   otak,   kecerdasan,   anak,   balita,  








Cover Maret 2020