Mother&Baby Indonesia
Susu juga Bisa Cegah Penyakit Kardiovaskular?

Susu juga Bisa Cegah Penyakit Kardiovaskular?

Tahukah Anda bahwa susu segar atau fresh milk memiliki nutrisi paling lengkap yang dibutuhkan manusia? Ternyata, susu segar bukan hanya bermanfaat untuk tulang. Menurut Emilia E. Achmadi MS., RD, Ahli Gizi, saat ditemui di media workshop yang diadakan Greenfields Indonesia beberapa waktu lalu, ada 7 aspek yang diuntungkan dari mengonsumsi susu segar, yaitu:

 

1. Penampilan



Tidak hanya kalsium, kandungan nutrisi yang ada dalam susu segar juga mencangkup protein dan vitamin E. Protein yang terkandung dalam susu segar dapat menghasilkan kolagen dalam tubuh secara alami. Emilia menjelaskan, untuk membentuk lapisan kolagen pada kulit, bahan utamanya adalah protein. Sementara itu, kandungan protein bisa Anda dapat dari susu segar. Vitamin E dalam susu juga baik untuk kesehatan kulit Anda.

 

2. Gigi

Bukan rahasia lagi bahwa susu mengandung kalsium dan protein yang bermanfaat bagi kekuatan gigi dan tulang. Menurut Emilia, kalsium pada susu segar tidak mengandung gula buatan, sehingga tidak membuat gigi keropos. Namun, agar kalsium bisa diserap dengan baik di dalam tubuh, Anda juga membutuhkan vitamin D yang bisa didapat melalui pancaran sinar matahari pada pagi hari.

 

3. Menguatkan Otot

Kegiatan fisik yang tinggi ternyata dapat menimbulkan kerusakan pada otot tubuh. Konsumsi susu segar secara rutin dapat memperbaiki kerusakan pada otot, dan menjaga ketahanan fisik Anda. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak atlet atau olahragawan yang rajin minum susu.

 

4. Pembangkit Energi dan Menurunkan Berat Badan

Lemak dalam susu murni atau susu segar tidak sebanyak yang terkandung dalam susu olahan. Protein dan lemak yang ada di dalam susu segar ini memiliki kemampuan untuk mengaktifkan brown fat cells, yaitu sel lemak berwarna coklat. Bila sel ini diaktifkan, energi di dalam tubuh Anda pun meningkat dua kali lipat, sehingga membantu pembakaran kalori lebih cepat. Hal ini tentu bisa membantu menjaga berat badan Anda.



 

5. Mengurangi Stres

Stres secara fisik maupun psikologis, dapat membuat otot tegang dan kaku. Kalsium dan vitamin B12 yang ada di dalam susu akan membantu merelaksasi otot Anda yang tegang. Pernah coba?

 

6. Mengatasi Sakit PMS

Kalsium yang ada dalam susu dapat meredakan rasa sakit pada kontraksi yang terjadi saat pelepasan jaringan sel telur ketika menstruasi.

 

7. Mencegah Penyakit

Lemak yang ada di dalam susu segar mampu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Selain itu, lemak yang ada di dalam susu segar juga mampu mengoptimalkan fungsi hati, sehingga mengurangi kolesterol.

 

“Secara tidak langsung, susu dapat mencegah dua penyakit, yaitu kardiovaskular dan stroke. Jadi, kita bisa mulai menerapkan kebiasaan sederhana, yaitu rutin mengonsumsi susu dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Emilia. (Aulia/TW/Dok. M&B)
 



Tags: manfaat_susu,   susu_segar,   kardiovaskular,   info,   tips,  








Cover Maret 2020