Mother&Baby Indonesia
Hitung Porsi Makan Anak dengan Metode Piring Sehat

Hitung Porsi Makan Anak dengan Metode Piring Sehat

 

Semua orangtua ingin memberikan nutrisi yang baik untuk putra-putrinya. Namun, tidak sedikit yang masih bingung mengenai cara menentukan porsi makan anak, agar kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi. Nah, oleh karena itu, Dr. Grace Judio-Kahl, dokter pemerhati gaya hidup membagikan cara yang lebih mudah untuk Anda.

 



Piring Sehat

Salah satu cara mudah untuk menghitung porsi makan anak adalah dengan menggunakan metode piring sehat. Di dalam piring anak harus terdiri atas 3 bagian, yaitu pertama adalah sumber karbohidrat, seperti roti, pasta. Nasi merah. “Karbohidrat tidak boleh double, misalnya Anda sudah menyediakan roti, tetapi di dalam piring juga ada sambel kentang,” ujar Dr. Grace.

 



Kedua adalah menu tersebut harus terdapat sumber protein seperti daging, telur, ikan, kacang-kacangan, tahu dan tempe. Terakhir adalah sayur dan buah-buahan. Tiga macam sumber nutrisi ini sangat penting. Karbohidrat sebagai sumber energi, protein digunakan untuk membentuk hormon, sel darah maupun sel otak serta buah dan sayur sebagai sumber mikronutrien.

 

Takaran makan

Takar porsi dengan menggunakan tangan Anda (ibu). Untuk roti 1 telapak tangan, sementara lauk separuh telapak tangan. Pasta, kentang, nasi, sayur, buah 1 kepalan tangan dan menggunakan minyak sedikit sekali. (Meiskhe/TW/Dok. M&B UK)



Tags: tips,   anak,   nutrisi,   porsi_makanan










Cover Mei-Juni-Juli 2020