Home - Kesehatan - Gaya Hidup Sehat / 24 Oktober 2016 / Redaksi

Diet Sehat dengan 10 Menu Ini

 

Demi tampil kurus dan cantik, tidak sedikit wanita yang rela menahan lapar karena sedang diet. Rata-rata, mereka yang diet terlalu ketat itu bertujuan ingin merampingkan tubuh, namun hanya sedikit yang diet dengan alasan 100 persen ingin sehat. Apapun alasan Anda, sebenarnya diet memang tidak salah, namun jika Anda melakukannya dengan cara yang salah, di situ lah masalah dimulai.

 



Diet bukan berarti harus menyiksa Anda, Moms! Sarah Flower, seorang ahli gizi, menyatakan ada 10 makanan yang dapat menjadi pilihan sehat Anda selama diet. Selain itu, diet juga membuat jatung Anda menjadi lebih sehat. Apa saja ya makanan tersebut? Ini 10 makanan yang tepat dikonsumsi saat sedang diet.

 

1. Bawang Putih

Kandungan vitamin serta antioksidan yang terdapat dalam bawang putih memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Bawang putih dapat menurunkan risiko kolesterol serta darah tinggi.


2. Tomat

Sama seperti bawang putih, kandungan antioksidan lycopene dalam bawang dapat menjaga agar Anda terhindar dari risiko tekanan darah tinggi, sakit jantung, serta kolesterol.


3. Oily Fish

Salmon, sardines atau mackerel menjadi makanan yang memiliki kandungan omega 3, vitamin D, serta protein yang cukup tinggi. Sangat disarankan Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan omega 3 seminggu 3 kali.


4. Kayu Manis

Cinnamon atau kayu manis dapat membantu Anda menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh Anda. Serta dapat menurunkan risiko Anda terkena kanker dan kolesterol.


5. Teh Hijau



Sudah menjadi rahasia umum bahwa teh hijau dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh Anda. Penelitian di Jepang menyatakan bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko kematian karena penyakit jantung hingga 31 persen pada wanita, serta 22 persen pada pria.


6. Grapefruit

Kandungan vitamin C serta choline dan lycopene pada grapefruit dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh Anda.


7. Alpukat

Di dalam buah alpukat terkandung banyak vitamin B6 yang baik untuk hormon, serta vitamin E yang baik juga dalam menurunkan kolesterol jahat yang ada di tubuh Anda.


8. Dark Chocolate

Ya, cokelat menjadi salah satu menu yang dapat Anda konsumsi dalam proses diet Anda. Namun yang Anda harus perhatikan adalah jenis cokelat yang Anda konsumsi. Dalam hal ini, cokelat yang baik untuk tubuh Anda adalah dark chocolate. Cokelat dapat menghilangkan stres dan dapat menjadi energi baru bagi tubuh Anda. Serta tentu dapat menjaga kesehatan jantung Anda dan memerbaiki tekanan darah rendah.


9. Oats

Di dalam semangkuk oats, kandungan fiber yang disebut dengan beta-glukan sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat yang Anda miliki.


10. Kurangi Konsumsi Garam

Mengonsumsi garam dalam jumlah yang banyak dapat membuat Anda memiliki risiko terkena darah tinggi. Jadi ada baiknya Anda mengurangi konsumsi garam dalam jumlah yang banyak. (Adonia Putri/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)

 

 


RELATED ARTICLE

4 Kesalahan yang Terjadi di Kamar Tidur

Bau Kaki? No Way!

4 Manfaat Lain dari Baby Oil

OTHER ARTICLES

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Ini Alasan Balita Terobsesi dan Suka Hal yang Sama

Lakukan Ini untuk Membangun Percaya Diri Bayi Anda!

Mengenal 4 Tipe Bayi, Manakah Tipe Si Kecil, Moms?

Yang Perlu Diperhatikan saat Balita Ikut Lomba 17-an