Mother&Baby Indonesia
Kenali Gula Tambahan pada Kemasan Makanan dan Minuman

Kenali Gula Tambahan pada Kemasan Makanan dan Minuman

Menurut American Heart Association (AHA), anak-anak (2-18 tahun) hanya boleh mengonsumsi gula tambahan kurang dari 6 sendok teh per hari. Oleh karena itu, sebelum memberikan makanan dan minuman manis yang mengandung gula tambahan kepada Si Kecil, ada baiknya memerhatikan kandungan gulanya terlebih dahulu.


Cara paling tepat adalah dengan membaca tulisan dan angka pada kemasan. Umumnya pada kemasan makanan dan minuman tertera kandungan gula, misalnya minuman bersoda mengandung gula sebanyak 20 gram. Setiap 1 sendok teh sama dengan 4 gram gula pasir. Dengan demikian, gula dalam minuman tersebut setara dengan 5 sendok teh.

 



Selain itu, Anda juga harus jeli membaca istilah yang tertera dalam produk. Produk tersebut mengandung gula tambahan apabila terdapat istilah seperti sukrosa, glukosa, honey, fruktosa, maltosa, syrup, brown sugar, corn sweetener, high fructose corn syrup, malt sugar, invert sugar, dan raw sugar.



 

Kenali juga istilah-istilah berikut:
-Sugar free atau bebas gula: mengandung 0,5 gram gula per sajian.
-Less sugar: kandungan gula dikurangi 25 persen gula per sajian.
-No added sugar: tidak mengandung gula tambahan. (Meiskhe/TW/Dok. FreeDigitalPhotos)



Tags: sehat,   makanan,   minuman,   produk,   kemasan,   gula_tambahan,   gula,   added_sugar,   anak,   balita,   orangtua,  








Cover Maret 2020