Mother&Baby Indonesia
Benjolan di Payudara Tidak Selalu Kanker!

Benjolan di Payudara Tidak Selalu Kanker!

 

Bulan Oktober adalah bulan peduli kanker payudara, salah satu penyakit yang banyak ditakuti wanita. Sudah banyak informasi yang beredar mengenai kanker payudara. Namun, beberapa informasi yang ada, terkadang membuat orang menjadi terlalu khawatir. Berikut beberapa info tentang kanker payudara yang perlu Anda ketahui, seperti dikutip dari Womansday.com.



 

1. Tidak Semua Benjolan adalah Kanker

Saat menemukan benjolan pada payudara Anda, jangan langsung berpikir bahwa itu adalah kanker. “Kebanyakan benjolan justru bukan kanker,” ujar Deborah Lindner, chief medical officer dari organisasi nonprofit Bright Pink. Lebih baik Anda menunggu 2–3 minggu. Jika benjolan itu berukuran sama atau tumbuh lebih besar, hubungi dokter Anda. Hal ini akan menjauhkan Anda dari tes yang tidak perlu.

 



2. Kanker Belum Berbahaya jika Belum Menyebar

“Jika kanker belum menyebar ke organ vital lain atau membesar, maka kanker tersebut belum mematikan,” ujar Marc Hurlbert, PhD, executive director Avon Foundation Breast Cancer Crusade. Kanker payudara memiliki tahapan dari 0 sampai IV, berdasar pada ukuran tumornya. Pada tahapan awal, kanker masih bisa diobati.

 

3. Kedelai Tidak Selalu Buruk

Beberapa ahli berpendapat bahwa mengonsumsi kedelai meningkatkan level estrogen dan risiko kanker. Namun, bukan susu kedelai atau kacang kedelai yang perlu dihindari. Yang berbahaya adalah protein kedelai yang sudah terisolasi, seperti pada suplemen atau snack bar.

 

4. Ukuran Tidak Berpengaruh

Payudara yang besar tidak meningkatkan risiko kanker, hanya membuat Anda sedikit lebih sulit untuk memeriksa ada tidaknya benjolan di payudara. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)

 



Tags: kanker,   info,   payudara,   penyakit,   kesehatan,