Mother&Baby Indonesia
7 Persiapan Kehamilan (untuk Calon Ayah)

7 Persiapan Kehamilan (untuk Calon Ayah)

Para wanita yang mendambakan kehamilan tentu sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari minum aneka multivitamin prakonsepsi, hingga periksa gigi sebelum hamil. Namun, bagaimana dengan Anda para pria? Menurut Heidi Murkoff, penulis buku Kitab Hamil Terlengkap, para calon ayah juga perlu melakukan serangkaian persiapan kehamilan, lho! Berikut 5 persiapan yang perlu pria lakukan:

 

1. Konsultasi dengan Dokter



Kehamilan merupakan hasil kerja sama istri dan suami, jadi jika wanita perlu ke dokter untuk memeriksakan kesehatan sebelum hamil, pria juga! Pemeriksaan fisik secara menyeluruh dapat mendeteksi gangguan kesehatan, misalnya pada kesehatan zakar. Hal itu dapat memengaruhi keberhasilan istri untuk hamil, atau bahkan mengganggu kesehatan janin kelak.

 

2. Pola Makan Sehat

“Semakin baik gizi Anda, maka semakin sehat sel sperma Anda, dan semakin tinggi pula kemungkinan istri Anda hamil,” ujar Murkoff. Penuhi asupan gizi yang paling penting dalam meningkatkan kesuburan dan kesehatan sel sperma, khususnya vitamin C, E, D, seng, dan kalsium. Konsumsi asam folat juga penting bagi pria, lho! Hal itu terbukti dapat menurunkan risiko bayi cacat lahir dan dapat meningkatkan kesuburan pria.

 

3. Berat Badan Ideal

Menurut Murkoff, pria dengan indeks massa tubuh yang tinggi cenderung kurang subur, dibanding pria yang berat badannya normal. “Menurut penelitian, peningkatan berat badan sebanyak 9 kilogram dapat meningkatkan peluang ketidaksuburan sebesar 10 persen. Maka, kendalikan berat badan Anda,” saran Murkoff.

 

4. Berhenti Merokok



Berhenti, bukan dikurangi! Merokok menurunkan jumlah sel sperma dan membuat kehamilan lebih sulit terjadi.

 

5. Olahraga yang Aman

Untuk mencegah cidera pada alat kelamin Anda, maka selalu kenakan pelindung setiap kali Anda melakukan olahraga yang keras, seperti sepak bola, bisbol, atau berkuda. Tekanan saat bersepeda juga dapat menimbulkan masalah, lho. Menurut para ahli, tekanan sadel sepeda pada organ kelamin secara terus menerus dapat merusak pembuluh nadi dan saraf.

 

6. Tetap Sejuk

Jika buah zakar terlalu panas, maka produksi sel sperma akan terganggu. Buah zakar baru dapat berfungsi dengan baik jika suhunya beberapa derajat lebih dingin dari bagian tubuh yang lain. Jadi sebaiknya Anda jangan sauna, berendam di air panas, atau memakai celana yang terlalu ketat.

 

7. Jangan Memangku Laptop

Jika Anda suka memakai laptop di pangkuan Anda, maka sebaiknya hentikan kebiasaan itu sekarang. Penelitian membuktikan kalau panas yang dihasilkan oleh laptop dapat meningkatkan suhu buah zakat dan menurunkan jumlah sel sperma. Jadi jika Anda ingin istri Anda lekas hamil, selalu letakkan laptop Anda di atas meja, ya. (Tiffany/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: kehamilan,   kandungan,   persiapan,   fertilitas,   program_hamil,   suami,   sperma,   kesuburan,  








Cover Januari - Februari 2020