Mother&Baby Indonesia
Hati-Hati, Konsumsi Susu Berlebih Bisa Berbahaya!

Hati-Hati, Konsumsi Susu Berlebih Bisa Berbahaya!

Susu merupakan salah satu sumber nutrisi dan energi yang baik untuk anak. Ya, susu mengandung banyak nutrisi baik, hingga konsumsi per hari bisa membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan zat gizi tertentu. Meski begitu, bukan berarti anak boleh dibiarkan mengonsumsi susu secara berlebihan, termasuk jika ia susah makan.

 

Menurut Angela Lemond, juru bicara Academy of Nutrition and Dietics, konsumsi susu 5-6 gelas sehari untuk anak berusia 5 tahun termasuk berlebihan. Hal ini akan menimbulkan ketidakseimbangan nutrisi. Pernyataan ini didukung oleh peneliti dari St Michael's Toronto, Kanada. Mereka menemukan bahwa anak berusia 2-5 tahun yang banyak mengonsumsi susu mengalami penurunan cadangan zat besi, meski kadar vitamin D dalam tubuhnya meningkat.



 

Jumlah zat besi yang kurang dalam tubuh bisa memunculkan permasalahan kesehatan, seperti anemia dan gangguan perkembangan otak. Hal ini jelas menghambat tumbuh-kembangnya.

 



Dokter Jonathon Maguire, salah satu peneliti, menjelaskan, kalsium dalam susu diduga menghambat penyerapan zat besi dari makanan lain. “Selain itu, anak-anak yang terlalu banyak minum susu memiliki kapasitas pencernaan lebih sedikit untuk jenis makanan lain. Karenanya mereka mendapat lebih sedikit zat gizi yang lebih bervariasi,” tambahnya.

 

Lalu berapa banyak konsumsi susu yang ideal per harinya? Dr. Maguire menyebutkan, anak sebaiknya hanya mengonsumsi 2 gelas susu per hari. (Rosa Ayu Hapsari/ Dok. M&B UK)



Tags: susu,   nutrisi,   tumbuh_kembang,   anak,   balita,  










Cover April 2020