Mother&Baby Indonesia
Bayi Kembar Siam di Kepala Berhasil Dipisahkan

Bayi Kembar Siam di Kepala Berhasil Dipisahkan






 

Anias (kiri) dan Jadon (kanan) setelah operasi pemisahan.


 

Hari Minggu (23/10) lalu merupakan hari bersejarah bagi Nicole McDonald, karena untuk pertama kalinya ia bisa menggendong anak laki-lakinya yang berusia 13 bulan, Jadon.

 



Sejak Jadon dan saudara kembarnya, Anias, lahir September tahun lalu, Nicole tidak bisa menggendongnya karena mereka kembar siam yang terhubung di kepala.

 

Untungnya, setelah melewati operasi pemisahan selama 27 jam seminggu sebelumnya, akhirnya Jadon dan Anias bisa terpisah. “Sekarang saya tidak lagi memeluknya sambil berbaring, saya sudah bisa menggendong dan mengayunnya. Ini adalah salah satu momen paling indah dalam hidup saya,” ujar Nicole, seperti dikutip dari Daily Mail.

 



Sayangnya, Nicole belum bisa memeluk Anias, karena kemajuannya lebih lambat daripada Jadon dan masih menggunakan alat bantu pernafasan. Sebelum operasi berlangsung, Anias sudah memiliki kondisi yang lebih kompleks, seperti sulit bernapas. Operasi Anias juga memakan waktu 6 jam lebih lama dari Jadon.

 

Sebelum operasi pemisahan, kedua bayi ini juga melalui satu operasi untuk memasukkan jaringan ekstra ke dalam kepala mereka, sehingga setelah dipisahkan mereka memiliki cukup jaringan untuk dijahit.

 

Setelah dipisahkan, ada kemungkinan salah satu bayi mengalami komplikasi pada perkembangannya, mengingat mereka berbagi isi kepala. “Kami sadar dengan kemungkinan ini, tetapi kami akan tetap menyayangi kedua putra kami apapun kondisi mereka,” ujar Christian, ayah bayi kembar itu. Semoga keduanya cepat pulih! (Nadia/TW/Dok. Daily Mail)



Tags: kembar,   kembar_siam,   info,   balita








Cover Januari - Februari 2020