Mother&Baby Indonesia
Terbaru! Anjuran Waktu Menonton TV untuk Balita

Terbaru! Anjuran Waktu Menonton TV untuk Balita

 

Moms, selama ini para ahli menyarankan agar anak di bawah 2 tahun tidak boleh menggunakan gadget, karena akan mengganggu proses tumbuh kembangnya. Namun, American Academy of Pediatrics (AAP) merevisi aturan tersebut. Menurut ketua tim penulis AAP, Dr. Yolanda Reid Chassiakos, kontak mata dan komunikasi non-verbal, seperti ekspresi wajah antara anak dan orang tua, berperan penting bagi perkembangan emosional anak. Kedua hal tersebut membuat video call mendapat pengecualian.

 



Namun, Yolanda tetap menekankan bahwa secara umum screen time tetap tidak baik. Misalnya ketika ibu menyusui sambil menonton tv atau melihat ponsel. Si Kecil tidak mendapat kontak mata dan kesempatan bonding. “Suara bising dan aktivitas dalam screen time itu membuat anak terdistraksi. Padahal, menyusui adalah waktu bonding yang penting antara anak dan ibu,” jelas Yolanda, seperti dilansir dari Womansday.com

 

Nah, cukup banyak ya dampak screen time bagi tumbuh kembang Si Kecil. Untuk itu, mari ikuti anjuran baru AAP tentang screen time anak, seperti dilansir dari CNN:

 

Usia 0-18 Bulan

Tidak boleh ada screen time sama sekali. "Suara bising dan aktivitas layar tv sangat mengganggu bayi. Bahkan jika bayi Anda tidak melihat ke tv (misalnya, ketika Anda menyusuinya sambil menonton tv), tetap saja bayi Anda bisa terlalu terstimulasi dengan cahaya dan suaranya. Hal itu menyebabkan bayi stres dan sulit tidur," ujar Dr. Yolanda.



 

Usia 18-24 Bulan

AAP memperbolehkan anak usia 18 – 24 bulan menggunakan gagdet dengan syarat ada yang menemani dan ikut aktif dalam penggunaan gagdet tersebut, misalnya untuk video call dengan kakek nenek yang berbeda kota.
 

Usia 2-5 Tahun

AAP juga mengubah screen time untuk anak usia 2 tahun ke atas, dari 2 jam per hari, menjadi 1 jam per hari. Menurut Dr. Yolanda, adapun program tv yang bisa ditonton hanyalah program berkualitas tinggi, seperti Sesame Street, atau acara yang tidak memiliki iklan karena bisa memberikan stimulasi berlebih pada anak. Nah, Moms, pastikan screen time anak Anda tidak melebih anjuran AAP, ya. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)

 



Tags: gagdet,   balita,   aturan,   syarat,   info,