Mother&Baby Indonesia
4 Manfaat Gimnastik untuk Anak

4 Manfaat Gimnastik untuk Anak

Melatih Si Kecil agar rajin berolahraga harus dilakukan sejak dini. Aktivitas fisik sangatlah penting, selain sebagai hiburan, juga bermanfaat untuk proses tumbuh kembangnya. Gimnastik dapat Anda coba kenalkan untuk Si Kecil pada usia 2 tahun ke atas. Masih ragu mendaftarkan Si Kecil pada gimnastik? Yuk, cari tau manfaatnya, seperti yang dilansir dari Livestrong.com!

 

1. Kesehatan Fisik
Gimnastik membuat Si Kecil menjadi aktif secara fisik, tetap fit, dan sehat. Tidak hanya itu, Si Kecil juga dapat terhindar dari obesitas, penyakit jantung, dan diabetes di usia dewasa. Gerakan dari senam ini mampu melatih otot-ototnya menjadi lebih kencang, lentur, membangun kekuatan, hingga mendukung Si Kecil memiliki postur tubuh yang lebih baik.



 

2. Kemampuan Besosialisasi
Menghadiri kelas senam rutin memberikan anak-anak kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang-orang usia mereka sendiri, bekerja dalam tim, dan terlibat dengan orang dewasa. The Gymnastics Academy of Boston berpendapat bahwa senam memberikan kesempatan untuk belajar tentang keterampilan sosial seperti mendengarkan, mengikuti arahan, bergiliran, menenangkan diri, dan menghormati orang lain atau teman-temannya. Si Kecil juga bersenang-senang, bertemu teman baru, serta melatih kemandirian.

 



3. Komitmen dan Disiplin
Mengikuti gimnastik dapat membuat Si Kecil belajar disiplin sejak dini, seperti datang tepat waktu, mendengarkan dan mengikuti standar peraturan keselamatan selama senam berlangsung. Pengalaman positif dalam senam dapat membangun rasa percaya diri melalui prestasi, dan menggambarkan kepada anak-anak bahwa komitmen untuk olahraga menguntungkan mereka.

 

4. Keterampilan Motorik, Koordinasi, dan Keseimbangan
Senam membantu anak-anak membangun berbagai keterampilan motorik dan koordinasi, seperti berlari kemudian melompat. Senam juga melatih keseimbangan yang akan berguna untuk kegiatan sehari-harinya. (Seva/TW/Dok. Livestrong.com)



Tags: senam,   toddler,   gymnastic,   olahraga,   balita,  








Cover Januari - Februari 2020