Mother&Baby Indonesia
Tips Memilih Mainan Anak

Tips Memilih Mainan Anak

Ada banyak pilihan mainan bagi Si Kecil. Namun, sebagai orangtua, Anda perlu tahu mainan yang sesuai bagi Si Kecil sekaligus yang bisa mendukung tumbuh-kembangnya. Untuk itu, Healthy Children memberikan panduan bagi Moms dan Dads dalam memilih mainan untuk Si Kecil. 

* Pilih sesuai usia. Pastikan untuk selalu membaca label kemasan tentang rekomendasi rentang usia di setiap mainan yang akan dibeli. Mainan bagi anak yang berusia lebih besar sebaiknya tidak dipilih. Karena biasanya, mainan tersebut memiliki bagian-bagian lebih kecil, yang bisa membahayakan Si Kecil dan membuatnya tersedak, misalnya. 

* Banyak fungsi. Sebaiknya orangtua memilih mainan dengan berbagai fungsi. Mainan seperti penyortir bentuk, balok susun, dan puzzle, merupakan pilihan tepat untuk mengembangkan motorik halus Si Kecil, kognitif, dan kemampuan persepsinya. Sambil bermain, Si Kecil bisa mendapat banyak kesenangan sekaligus membangun kemampuannya. 



* Pertimbangkan daya tahan. Saat memilih dan membeli mainan, pertimbangkan seberapa lama mainan tersebut bisa bertahan. Selain itu, pertimbangkan juga apakah mainan bisa dicuci, awet, dan aman bagi Si Kecil.



* Harus aman. Cek setiap bagian mainan yang terlihat longgar. Ingatlah bahwa pita dan tali panjang kerap menjadi masalah keamanan bagi Si Kecil. Pastikan untuk selalu membersihkan mainan secara rutin. 

* Cari yang multisensori. Pilih mainan bagi Si Kecil yang berwarna-warni dengan tekstur berbeda. Karena mainan ini akan menarik perhatian Si Kecil dan menstimulasi indranya. Mainan alat musik, puzzle bertekstur, dan cermin yang aman bagi bayi, merupakan pilihan multisensori yang baik bagi mereka. (Dee/OCH/Dok. Freedigitalphotos.)



Tags: mainan,   bayi,   anak,   si kecil,   usia,   multisensori,   perkembangan,   daya tahan