Mother&Baby Indonesia
Wah, 77% Anak Indonesia Jarang Sikat Gigi!

Wah, 77% Anak Indonesia Jarang Sikat Gigi!

Di Indonesia, ternyata kesadaran menyikat gigi masih sangat rendah. Hasil survei yang dilakukan Unilever menunjukkan 77 persen anak Indonesia tidak menyikat gigi pada malam hari, dan sebanyak 70 persen orang tua juga tidak melakukan hal tersebut.

 

"Tidur tanpa membersihkan rongga mulut sama saja membiarkan bakteri berkembang biak lebih cepat. Sisa makanan akan berubah menjadi asam dan melarutkan mineral di gigi sehingga gigi anak mudah berlubang," ujar Drg. Mirah pada peluncuran 'Cerita Petualangan Mama Sigi dan Pepo' oleh Pepsodent pada 10 Oktober lalu.




Oleh karena itu, sebagai orang tua harus mulai melatih Si Kecil menyikat gigi pagi dan malam sebelum tidur. Menyikat gigi juga ternyata dapat dimulai sekitar usia anak 6-8 bulan atau saat Si Kecil mulai tumbuh gigi.


"Peran ibu sangat penting. Bahkan, sejak bayi mulai tumbuh gigi usia 6-8 bulan, ibu sudah harus rajin membersihkan rongga mulut bayi dengan kassa sebelum tidur. Nah, ketika sudah bisa menggenggam, baru diajak pakai sikat gigi dan pasta gigi khusus anak-anak," tambahnya.



 

Drg. Mirah juga menambahkan bahwa minimal durasi yang disarankan untuk anak menggosok gigi adalah dua menit, yang sangat cukup untuk membersihkan seluruh rongga dalam mulut. (Seva/TW/Dok. M&B)
 



Tags: gosok gigi,   health,   pepsodent










Cover Mei-Juni-Juli 2020